YouTube Hapus 58 Juta Video

Aksi bersih-bersih dilakukan oleh YouTube. Dikutip dari Detikinet, selama Q3 2018 lalu, YouTube menghapus lebih dari 58 juta video dan 224 juta komentar dari jejaringnya karena melanggar aturan. Laporan ini adalah bagian dari usaha Google untuk menunjukkan usaha mereka dalam mengatasi pelanggaran-pelanggaran konten yang sering dikritisi.

Dalam keterangannya YouTube mengatakan bahwa mereka menggunakan kombinasi pemantau dari manusia dan teknologi untuk menemukan konten berbahaya di platform YouTube dan pada 2017 yang lalu YouTube mulai menggunakan lebih banyak teknologi machine learning canggih untuk menandai konten yang layak untuk ditinjau oleh tim YouTube.

Menurut YouTube, selama bulan September 2018 yang lalu, sekitar 90% dari 10 ribu video dihapus karena berisi konten ekstremis dan 279 ribu video dihapus karena membahayakan bagi anak-anak, dan semua video tersebut dihapus saat jumlah penontonnya kurang dari 10.

Dari 58 juta video yang dihapus, 50,2 jutanya berasal dari 1,67 juta channel yang dihapus. Sebanyak 80% dari channel yang dihapus tersebut terkait video spam, 13% karena berisi konten bugil, dan 4,5% karena keamanan anak.

Sumber: Detikinet

Sumber Foto: Engadget