Zuckerberg Harus Akhiri Penggalangan Dana Sayap Kanan di Facebook

Wakil pemimpin Partai Buruh Inggris, Tom Watson, telah menuntut agar Mark Zuckerberg tidak pernah lagi mengizinkan aktivis sayap kanan untuk menggalang dana di Facebook Ia juga mengkritik Mark Zuckerberg karena melakukan penghinaan untuk tanggung jawab sosial.

Investigasi Guardian beberapa hari yang lalu menemukan bahwa jaringan global tersembunyi dari think tanks AS, orang-orang Australia dan troll Rusia menyediakan dukungan keuangan, politik dan moral kepada Tommy Robinson, yang memiliki lebih dari 1 juta pengikut di Facebook. Facebook merupakan jaringan sosial utama bagi Tommy Robinson setelah Twitter menangguhkannya karena klaim Islam mempromosikan membunuh orang pada bulan Maret yang lalu.

Robinson, yang nama aslinya adalah Stephen Yaxley-Lennon, mengumpulkan ratusan ribu pound melalui donasi online, beberapa melalui jejaring sosial hingga Guardian memperingatkan Facebook. Facebook dengan cepat menonaktifkan fungsi pengumpulan dana tersebut yang sebenarnya dimaksudkan hanya untuk kegiatan amal. Namun, para pendukung yang mengunjungi profil Facebook Robinson terus diarahkan ke situs webnya di mana mereka dapat memberikan donasi melalui formulir.

Aktivis sayap kanan tersebut telah mengatakan kepada pendukungnya bahwa ia berencana untuk menggunakan uang tersebut untuk menuntut pemerintah Inggris atas pemenjaraannya dan menyewa tiga wartawan untuk meluncurkan situs European InfoWars, situs AS yang pendirinya Alex Jones telah dilarang oleh Facebook. , YouTube, Apple, dan sebagian besar jaringan konten utama lainnya.

Facebook telah menderita kritik terus-menerus atas penanganannya atas serangkaian krisis dalam beberapa tahun terakhir termasuk gangguan selama pemilihan presiden AS dan Brexit yang memungkinkan penyebaran pidato kebencian dan pelanggaran data yang memengaruhi jutaan pengguna.

Watson mengatakan bahwa Facebook tidak menghormati akuntabilitas demokratis dan menyerukan agar Mark Zuckerberg  melangkah lebih jauh dengan menarik kembali  akses ke alat donasi Robinson. Dia menambahkan bahwa Facebook kini telah menarik akses Yaxley-Lennon ke alat donasi. Tetapi Zuckerberg perlu melangkah lebih jauh. H

Matthew McGregor, direktur kampanye Hope Not Hate, mengatakan bahwa Facebook seharusnya merasa malu karena telah memungkinkan upaya Robinson untuk memecah-belah masyarakat dan membangkitkan kebencian. Facebook telah terus gagal untuk mengatasi kenyataan bahwa platform mereka rentan terhadap eksploitasi oleh ekstrimis, sampai setelah itu terlambat.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: BBC