Bug Twitter Sebabkan Terbukanya Tweet Private ke Publik

Tweet pribadi (biasanya akunnya di-private) yang dikirim oleh pengguna aplikasi Twitter untuk Android mungkin telah terungkap ke publik selama bertahun-tahun. Twitter mengatakan telah menemukan kelemahan keamanan yang menyebabkan tweet terlindungi menjadi publik ketika beberapa perubahan dilakukan pada akun.

Twitter mengatakan bahwa siapa pun yang memperbarui alamat email yang tertaut ke akun mereka antara November 2014 dan Januari 2019 kemungkinan terpengaruh oleh bug ini sehingga menyebabkan tweet bisa dilihat oleh publik. Twitter mengatakan sudah mulai memberi tahu pengguna yang terpengaruh tentang bug tersebut. Twitter menambahkan bahwa mereka telah mengaktifkan kembali perlindungan untuk pengguna Android yang secara tidak sengaja mematikannya.

Twitter mengatakan pihaknya juga mengeluarkan pemberitahuan publik tentang kesalahan tersebut karena tidak dapat mengkonfirmasi secara pasti jumlah akun yang telah terpengaruh dan ingin menjangkau mereka yang tidak dapat diidentifikasi oleh penyelidikan internal.

Twitter sangat menyesal ini terjadi dan  sedang melakukan tinjauan penuh untuk membantu mencegah hal ini terjadi lagi. Twitter mendorong pengguna untuk memeriksa pengaturan privasi mereka untuk memastikan bahwa hal tersebut mencerminkan preferensi mereka. Twitter mengatakan pihaknya memperbaiki kesalahan pada 14 Januari dan akan membagikan lebih banyak informasi jika tersedia.

Siapa pun yang menggunakan Twitter melalui perangkat Apple atau melalui web tidak terpengaruh oleh bug tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Verge