Efek Pembatasan Pesan Terusan di WhatsApp Mulai Terasa

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp merilis aturan baru untuk menanggulangi hoax di platform mereka, yaitu pembatasan pesan terusan atau forwarded messages yang sebelumnya sebanyak 20 kali di aplikasi Android menjadi hanya 5 kali. Detikinet mencatat bahwa efek aturan terbaru tersebut mulai berlaku.

Dikutip dari Detikinet, pembatasan forward messagesdi WhatsApp hingga maksimal lima kali pengiriman, mulai dirasakan. Sebelumnya, kebijakan tersebut masih belum efektif diterapkan.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pembatasan forward pesan pada aplikasi WhatsApp dilakukan secara bertahap bagi pengguna smartphone berbasis OS Android.
Ia mengimbau bahwa jika ada permintaan untuk update aplikasi WhatsApp pada Play Store, pengguna harus melakukan update agar bisa pembatasan tersebut berlaku.

Detikinet yang melakukan uji coba melaporkan bahwa pembatasan pesan terusan tersebut telah terjadi di mana saat uji coba mereka tidak lagi dapat mengirimkan pesan terusan setelah lima kali mengirmkannya. Pada layar keluar peringatan, “Anda hanya dapat berbagi dengan hinga 5 chat”.

Mengenai penerapan untuk smartphone berbasis iOS, Ferdinandus mengaku bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan WhatsApp agar melakukan langkah serupa kepada para pengguna produk Apple. Menurutnya pihak WhatsApp masih mengembangkan fitur tersebut di iOS.

Sumber: Detikinet

Sumber Foto: The Telegraph