Game Bernilai Lebih Tinggi daripada Gabungan Video dan Musik

Menurut laporan terbaru, sektor permainan video atau video game menyumbang lebih dari setengah dari seluruh pasar hiburan Inggris. Entertainment Retailers Association (ERA) mengatakan bahwa industri video game bernilai 3,86 miliar pound lebih dari dua kali lipat nilainya dibandingkan dengan  tahun 2007. Jumlah ini membuatnya lebih besar daripada gabungan video dan musik.

Keberhasilan tersebut sebagian besar disebabkan oleh tiga game pouler, yaitu Fifa 19, Red Dead Redemption 2 and Call of Duty: Black Ops 4 Pasar game telah tumbuh, meskipun fakta bahwa pasar konsol fisik dan permainan PC sedikit menyusut pada tahun 2018, sedangkan game digital hanya  tumbuh 12,5%.

Kepala eksekutif ERA, Kim Bayley mengatakan bahwa industri game telah sangat efektif dalam mengambil keuntungan dari potensi teknologi digital untuk menawarkan bentuk hiburan baru dan menarik. Meskipun menjadi yang termuda dari tiga sektor video game sekarang menjadi yang terbesar.

Tiga game, yaitu  FIFA 19, Red Dead Redemption 2 dan Call of Duty: Black Ops 4, masing-masing terjual lebih dari satu juta unit fisik di Inggris selama 2018. Angka-angka tersebut tidak memperhitungkan keberhasilan permainan seluler dan gratis seperti Fortnite yang memiliki lebih dari 200 juta pemain di seluruh dunia.

Piers Harding-Rolls, kepala penelitian game di IHS Markit mengatakan bahwa selama lima tahun terakhir sektor game telah mendapat manfaat besar dari adopsi aplikasi game mainstream pada perangkat pintar, dan transisi dari distribusi fisik ke distribusi digital di bagian-bagian mapan dari pasar seperti game konsol.

Menurutnya game sekarang benar-benar pasar massal dan bagian yang sangat penting dari sektor hiburan. Dia menambahkan bahwa pertumbuhan telah dipicu oleh dominasi konten gratis dan monetisasi dalam game, yang memperluas adopsi game, tetapi juga menghilangkan batasan pengeluaran untuk para gamer yang benar-benar terlibat dalam permainan.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Neo Tech