Jerman Mungkin Perintahkan Facebook untuk Berhenti Mengumpulkan Data Pengguna

Upaya Jerman untuk mengatur praktik Facebook mungkin akan meningkat dalam waktu dekat. Sumber Bild am Sonntag mengklaim bahwa Federal Cartel Office Jerman akan memerintahkan Facebook untuk berhenti mengumpulkan beberapa data pengguna. Data ini terutama yang berkaitan dengan bagaimana jejaring sosial berbagi data dengan aplikasi dan situs di luar Facebook, termasuk properti Instagram dan WhatsApp sendiri. Pengawas antimonopoli akan menyampaikan keputusannya ke Facebook dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak pasti seberapa cepat Facebook harus mengubah praktiknya. Menurut Bild, Jerman kemungkinan besar akan menetapkan tenggat tertentu bagi Facebook sehingga mereka akan memiliki waktu untuk menyelesaikan urusannya. Jika tidak berhasil Facebook bisa menghadapi denda hingga €10 juta sekitar sekitar 11,5 juta dollar AS.

Regulator Jerman telah menentukan bahwa Facebook menyalahgunakan keunggulannya di jejaring sosial untuk mengumpulkan informasi pengguna tanpa persetujuan. NamunFacebook menyangkal penyalahgunaan kekuasaannya dalam sebuah pernyataan. Perusahaan tersebut tidak setuju dengan apa yang diungkpkan Federal Cartel Office Jerman dan akan terus mempertahankan posisi tersebut.

Pada intinya larangan tersebut tidak akan menghalangi Facebook untuk mengumpulkan data, tetapi mungkin harus mengubah cara Facebook mengambil konten dan bagaimana kaitannya dengan akun pengguna. Pada gilirannya, bisa memaksa Facebook untuk mengubah pendekatannya di seluruh dunia.

Sumber: Engadget

Sumber Foto: The Telegraph