Peneliti: Pecandu Facebook Mirip dengan Pecandu Narkoba

Tautan antara penggunaan media sosial yang berlebihan dengan perilaku yang terlihat pada pecandu narkoba telah ditemukan. Penelitian baru menunjukkan bahwa mereka yang terlalu bergantung pada situs media sosial menunjukkan pengambilan keputusan yang buruk sama seperti yang dilakukan pecandu narkoba.

Ilmuwan AS yang melakukan percobaan menemukan bahwa orang yang berkinerja terburuk cenderung orang yang terpikat pada situs media sosial seperti Facebook. Tren yang sama persis telah terlihat pada orang yang menyalahgunakan narkoba seperti kokain dan heroin.

Peneliti utama Dr Dar Meshi dari Michigan State University, mengatakan bahwa sekitar sepertiga manusia di planet bumi menggunakan media sosial dan sebagian dari mereka ini menunjukkan maladaptif, yaitu penggunaan berlebihan terhadap situs media sosial. Ia mengharapkan bahwa temuan mereka mudah-mudahan akan memotivasi pembatasan penggunaan media sosial secara berlebihan.

Studi ini menyoroti hubungan antara penggunaan media sosial yang berlebihan dan pengambilan keputusan yang berisiko, fitur umum dari kecanduan narkoba. Tim Dr Meshi pertama kali meminta 71 peserta untuk mengambil bagian dalam survei yang dirancang untuk mengukur ketergantungan psikologis mereka pada Facebook.

Pertanyaan yang diajukan tentang pekerjaan mereka sebelum menggunakan platform Facebook, perasaan mereka ketika tidak dapat menggunakannya, upaya untuk keluar dari situs, dan dampak yang ditimbulkan Facebook pada pekerjaan atau studi mereka.

Peserta kemudian diminta untuk mengambil bagian dalam Iowa Gambling Task, sebuah metode untuk menilai pengambilan keputusan dan perilaku berisiko yang banyak digunakan oleh para psikolog. Tugas tersebut melibatkan identifikasi pola hasil dalam tumpukan kartu untuk memilih tumpukan kartu terbaik.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang paling buruk, merupakan mereka yang menggunakan media sosial paling sering. Mereka yang melakukan tugas dengan lebih baik lebih sedikit ketergantungan kepada media sosial. Hasilnya mencerminkan orang-orang dari penelitian lain yang menunjukkan bahwa orang yang menyalahgunakan heroin, kokain atau metamfetamin menghasilkan hasil yang serupa dalam tugas perjudian.

Sumber: Bloomberg

Sumber Foto: Neo Tech