Tutupnya Pemerintahan AS Ganggu Akses ke Situs Web

Para pakar teknologi mengatakan penutupan pemerintah AS membuat banyak situs web resmi pemerintah lebih sulit diakses dan berpotensi membuat pengguna lebih rentan. Situs web yang terpengaruh termasuk Department of Justice, the Court of Appeals dan NASA. Penutupantersebut terjadi karena pertikaian pendanaan untuk dinding pembatas Presiden Trump sehingga menyebabkan ribuan pekerja federal tidak dibayar.

Salah satu efek samping dari situasi ini adalah sertifikat keamanan untuk situs web tidak diperbarui. Sertifikat digital memastikan bahwa komunikasi antara perangkat dan situs web dikirim dengan cara terenkripsi, aman, dan merupakan bagian penting dari menjaga infrastruktur teknologi informasi agar tetap berjalan. Tetapi, ketika sertifikat tersebut dikeluarkan, mereka diberi tanggal kedaluwarsa misalnya beberapa bulan dan beberapa tahun.

Menurut situs web layanan internet Netcraft, lebih dari 80 sertifikat keamanan yang digunakan oleh situs web .gov telah kedaluwarsa. Situs ini termasuk Department of Justice AS, yang menggunakan sertifikat yang berakhir pada minggu menjelang penutupan dan belum diperpanjang sejak saat itu.

Menurut Suzanne Spaulding, mantan wakil sekretaris di agensi tersebut, Departemen Keamanan Dalam Negeri dan keamanan infrastruktur yang baru dibentuk oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri saat ini beroperasi dengan staf kurang dari separuh. Ia menambahkan bahwa dengan berlalunya hari, dampak dari penutupan pemerintah pada keamanan negara tumbuh. Sementara itu, musuh tidak kehilangan hentakan dan serangan harian pada sistem dan terus berlanjut.

Konsultan keamanan Paul Mutton, menulis di sebuah blog untuk Netcraft, menambahkan ratusan ribu karyawan federal yang tidak dibayar mungkin bukan satu-satunya yang terluka. Dengan semakin banyak sertifikat yang digunakan oleh situs web pemerintah yang kedaluarsa atau berakhir pada hari-hari berikutnya mungkin ada beberapa peluang realistis untuk merusak keamanan semua warga AS.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Tech Craft