Akun Instagram yang Catut Nama TNI Diblokir

Beberapa hari yang lalu media sosial khususnya Instagram ramai oleh sebuah akun centang biru yang mencatut nama TNI dan mem-posting sebuah ancaman untuk menembak PKI. Tak menunggu lama, postingan tersebut viral dan ditanggapi banyak pihak, terlebih yang memposting akan centang biru yang mengatasnamakan TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Kominfo kemudian menanggapi peristiwa tersebut dengan melakukan take down atas akun yang memposting konten negatif tersebut. Dikutip dari DetikInet, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan telah memblokir akun Instagram yang mencatut nama TNI. Pemblokiran dilakukan karena akun tersebut memuat konten negatif. Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran atau takedown akun instagram yang menggunakan identitas TNI dan memuat konten negatif.

Akun yang diblokir tersebut adalah  @tni_indonesia_update. Akun tersebut sempat memuat unggahan dengan disertai kalimat:

‘Sebaiknya para PKI dan generasi PKI baru serta pemuda-pemudi kritis di garis kiri. Dikumpulkan dalam satu gudang kemudian dijadikan sasaran tembak oleh Leopard. Aksi Yonkav 8 Narasingawaratama’.

Ferdinandus Setu menambahkan bahwa Kementerian Kominfo melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya. Hasilnya, unggahan kontroversial yang sempat viral yang mengatasnamakan TNI dalam akun @tni_indonesia_update itu adalah bukan milik TNI AD. Brigjen Candra Wijaya menyatakan akun resmi TNI AD adalah @tni_angkatan_darat.

Pemblokiran sendiri dilakukan sejak Rabu (6/2) pukul 10.45 WIB. Kominfo pun mengimbau warga aktif melaporkan konten negatif yang ditemui di media sosial.

Sumber: DetikInet

Sumber Foto: Gadget NDTV