Health Feedback: Banyak Artikel Kesehatan Palsu di Facebook

Pertempuran Facebook dengan berita-berita palsu tidak hanya sebatas dunia politik. Menurut situs pemeriksa fakta Health Feedback, tujuh dari 10 artikel kesehatan paling banyak dibagikan di Facebook pada tahun 2018 berisi informasi yang salah atau menyesatkan. Sebanyak 100 artikel teratas bernasib sedikit lebih baik, tetapi artikel dengan informasi yang salah dibagikan 12,3 juta kali. Artikel dengan yang bersumber baik dan akurat dibagikan lebih sedikit, yaitu 11 juta kali.

Penelitian Health Feedback melihat artikel-artikel yang berhubungan dengan kesehatan dari sejumlah publikasi terkenal, serta situs-situs tidak dikenal yang berhasil menyebarkan berita dengan tajuk berita yang menarik perhatian dan informasi yang menyesatkan. Topik yang paling umum dari artikel yang paling banyak dibagi adalah penyakit dan pengobatan penyakit, makanan dan nutrisi dan vaksinasi. Anehnya, sebagian besar artikel terkait vaksin tersebut akurat meskipun Health Feedback menyebutkan, kebanyakan artikel itu membahas tentang naiknya jumlah penderita penyakit yang seharusnya bisa dihindari dengan vaksin karena adanya gerakan anti-vaksin.

Ada secercah harapan dalam penelitian tersebut, yaitu secara keseluruhan, sebenarnya ada lebih banyak artikel di 100 teratas dengan informasi yang valid daripada tidak, dengan 45 persen menerima peringkat keandalan tinggi atau sangat tinggi dibandingkan dengan hanya 35 persen dengan tingkat keandalan rendah atau sangat rendah. Facebook telah meluncurkan beberapa inisiatif dengan tujuan untuk menghilangkan berita palsu, meskipun sebagian besar berfokus pada politik. Mungkin sudah waktunya bagi jaringan sosial tersebut untuk mengalihkan perhatiannya ke berita kesehatan karena kisah-kisah tersebut tidak hanya melukai wacana politik, tetapi juga dapat melukai orang.

Sumber: Fast Company via Engadget

Sumber Foto: Liputan6