Twitter Tutup Akun Teori Konspirasi Pendukung Trump

Jacob Wohl, seorang ahli teori konspirasi pro-Trump yang terkenal karena hubungannya dengan upaya gagal untuk mendiskreditkan penasihat khusus Robert Mueller, diskors dari Twitter pada hari Selasa yang lalu karena mengoperasikan akun palsu.

Pria berusia 21 tahun tersebut sering memposting tweet informasi dan konspirasi palsu kepada 186.000 pengikutnya, termasuk Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg sudah meninggal atau klaim kelahiran palsu bahwa Senator Kamala Harris tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden.

Juru bicara Twitter pada hari Selasa mengatakab bahwa akun Jacob Wohl ditutup secara permanen karena secara khusus membuat dan mengoperasikan akun palsu. Sebuah sumber yang mengetahui keputusan tersebut mengatakan beberapa akun palsu ditautkan ke Wohl, memicu penutupan akun secara permanen. Akun tersebut tampaknya telah dirancang khusus untuk menyebarkan informasi yang salah dan memanipulasi percakapan online secara artifisial menjelang pemilihan umum AS tahun 2020.

Wohl tidak segera menanggapi beberapa permintaan komentar dari BuzzFeed News. Namun dalam sebuah wawancara dengan NBC News Selasa, Wohl mengaku mengoperasikan akun @ Women_4_Schultz, yang memperjuangkan calon presiden dan mantan CEO Starbucks Howard Schultz.

Penangguhan permanen tersebut dilakukan pada hari yang sama dengan USA Today menerbitkan profil Wohl, di mana ia berencana untuk menggunakan  properti online, termasuk akun media sosial yang menipu untuk mengarahkan suara sayap kiri di pemilihan pendahuluan ke kandidat yang lebih lemah dibandingkan dengan Trump.

Dia juga mengatakan kepada USA Today bahwa keakuratan informasi yang dia sebarkan adalah bukan bagian yang penting selagi informasi tersebut tersebar luas. Wohl telah mendapatkan ketenaran untuk berurusan dengan informasi yang salah sebelumnya. Ia merupakan mantan penulis di Gateway Pundit, di mana ia diskors dari publikasi setelah dikaitkan dengan tuduhan bahwa seorang wanita ditawari uang untuk menuduh Mueller melakukan pelecehan seksual.

Wohl baru-baru ini telah bergabung dengan sesama ahli teori konspirasi Laura Loomer yang juga telah dilarang dari Twitter untuk menyelidiki rumor yang tidak berdasar tentang anggota Kongres asal Minnesota Rep. Ilhan Omar menikahi saudaranya.

Sumber: Buzz Feed

Sumber Foto: Twitter