YouTube Hapus Saluran Penyanyi Austin Jones

YouTube memutuskan untuk menghapus saluran penyanyi Austin Jones, setelah ia mengaku bertukar gambar dan video yang eksplisit secara seksual dengan gadis di bawah umur. Situs berbagi video tersebut sebelumnya dikritik setelah membiarkan video dari Austin Jones online di YouTube, meskipun dia mengaku bersalah atas tuduhan di pengadilan. Jejaring sosial lain dengan cepat menghapus kontennya, tetapi YouTube memutuskan untuk tidak bertindak. Namun kemudian YouTube akhirnya menghapus saluran musisi berusia 26 tahun tersebut.

Jones ditangkap pada tahun 2017 dan didakwa dengan kepemilikan gambar anak-anak yang tidak senonoh. Dia telah mendapatkan lebih dari setengah juta pelanggan di YouTube yang mengunggah versi sampul lagu-lagu hit.

Akan tetapi, Jones dituduh bertukar gambar dan video yang eksplisit secara seksual dengan gadis di bawah umur antara tahun 2010 dan 2017. Dokumen pengadilan mengatakan dia melakukan percakapan dengan enam anak perempuan berusia 14 dan 15 tahun yang berbeda.

Dalam satu percakapan, Jones telah mengatakan kepada salah satu remaja bahwa dia perlu membuktikan bahwa remaja tersebut adalah penggemar terbesarnya dengan mengirimkan video dirinya sendiri. Jones juga meminta penggemar mudanya untuk merekam video diri mereka menari secara seksual. Video Jones yang menunjukkan cara  twerk ditampilkan secara online.

Jones mengaku bersalah atas tuduhan pada 1 Februari dan akan dijatuhi hukuman pada bulan Mei. Jaksa memintanya untuk segera dibawa ke tahanan, tetapi hakim mengizinkannya untuk tetap bebas dengan jaminan sehingga ia bisa pergi untuk konseling psikiatrik.

YouTube mengatakan bahwa mereka menganggap serius pelanggaran seksual. YouTube juga mengatakan bahwa menghapus konten ketika seseorang dihukum karena kejahatan dalam beberapa kasus, terutama jika video terkait dengan kejahatan yang dilakukan. Situs berbagi video tersebut telah menghentikan Jones dari mendapatkan pendapatan iklan dari videonya pada tahun 2017, yaitu ketika ia ditangkap.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Guardian NG