Facebook Gugat Kuis yang Mencuri Data Pengguna Facebook

Facebook mengatakan bahwa aplikasi kuis berbahaya digunakan untuk memanen ribuan data profil pengguna Facebook. Perusahaan tersebut mengatakan siapa pun yang ingin mengikuti kuis diminta untuk menginstal ekstensi browser yang kemudian mencuri data mulai dari nama dan foto profil hingga daftar teman pribadi. Browser ini dipasang sekitar 63.000 kali antara 2016 dan Oktober 2018.

Facebook menggugat Andrey Gorbachov dan Gleb Sluchevsky dari Ukraina, yang bekerja untuk sebuah perusahaan bernama Web Sun Group.

Kuis, dengan judul “What does your eye colour say about you?” dan “Do people love you for your intelligence or your beauty?”, memperoleh akses ke informasi ini melalui sistem Login Facebook yang memungkinkan koneksi antara aplikasi pihak ketiga dan profil Facebook.

Meskipun sistem dimaksudkan untuk memverifikasi untuk menyatakan bahwa koneksi seperti itu aman, dalam hal ini, pengguna diberitahu bahwa aplikasi hanya akan mengambil sejumlah data publik dari profil mereka, padahal lebih dari itu.

Secara total, para terdakwa mengkompromikan sekitar 63.000 browser yang digunakan oleh pengguna Facebook dan menyebabkan lebih dari 75.000 dollar AS kerugian Facebook. Dokumen-dokumen pengadilan menuduh kedua orang tersebut melanggar hukum AS terhadap peretasan komputer serta melanggar ketentuan penggunaan Facebook sendiri.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Verge