Facebook Hapus 1,5 Juta Video Serangan Teroris di Selandia Baru

Facebook mengatakan telah menghapus lebih dari 1,5 juta salinan video serangan di dua masjid di Selandia Baru pada hari pertama setelah insiden tersebut terjadi. Dalam sebuah tweet, Facebook mengatakan bahwa 1,2 juta salinan video serangan tersebut diblokir saat sedang diunggah.

Dalam serangan teroris tersebut, lima puluh orang tewas dan belasan lainnya terluka. Facebook mengatakan akan menghapus versi yang diedit, untuk menghentikan konten grafis yang dibagikan, meskipun salinannya masih tersedia secara online. Jejaring sosial Facebook merilis informasi saat para politisi dan komentator meminta lebih banyak hal dilakukan oleh Facebook untuk mengawasi live-streaming.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa Facebook dan raksasa media sosial lainnya memiliki pertanyaan lebih lanjut untuk dijawab tentang bagaimana mereka merespons peristiwa tersebut. Menurutnya, platform media sosial ini memiliki jangkauan luas dan ini adalah masalah yang melampaui Selandia Baru.

Spark NZ, perusahaan telekomunikasi terbesar di Selandia Baru, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah memutus akses ke puluhan situs web yang mendistribusikan kembali video serangan itu. Polisi di Selandia Baru mengatakan video itu sekarang diklasifikasikan sebagai publikasi yang tidak menyenangkan sehingga merupakan pelanggaran untuk mendistribusikan atau memiliki materi tersebut.

Situs media sosial termasuk Twitter dan YouTube juga kejar-kejaran dengan waktu untuk menghapus salinan video yang diunggah oleh pengguna. Satu laporan di Washington Post menyebutkan bahwa klip dan posting ulang video dibagikan dengan kecepatan satu per setiap detik melalui YouTube.

YouTube mengatakan jumlah video yang terhubung dengan tragedi di Christchurch belum pernah terjadi sebelumnya, baik dalam skala dan maupun kecepatan. YouTube menambahkan bahwa mereka menggunakan alat teknis dan manusia untuk mencegah penyebaran konten grafis di situs tersebut.

Reddit juga telah melarang forum diskusi di situsnya yang disebut watchpeopledie karena klip-klip serangan Christchurch dibagikan dan karena memposting konten yang memicu atau mengagungkan kekerasan. Reddit juga mengeluarkan permohonan kepada pengguna untuk melaporkan siapa pun yang mengunggah rekaman. Situs berita sosial itu mengatakan pihaknya juga telah menghapus posting yang terkait dengan video atau yang menunjukkan serangan.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Reuters