Jutaan Password Pengguna Facebook Terpapar secara Internal

Laporan beberapa hari yang lalu menunjukkan bahwa kata sandi atau password jutaan pengguna Facebook dapat diakses oleh hingga 20.000 karyawan jaringan sosial Facebook. Peneliti keamanan Brian Krebs menyampaikan berita tentang kegagalan perlindungan data tersebut. Ia melihat hingga 600 juta kata sandi pengguna Facebook disimpan dalam teks biasa. Kata sandi yang diekspos dapat diurut hingga kembali ke tahun 2012.

Dalam sebuah pernyataan, Facebook mengatakan telah menyelesaikan kesalahan penyimpanan kata sandi di jaringan internal. Dalam sebuah paparan terperinci, Krebs mengatakan sumber Facebook telah memberitahunya tentang kegagalan keamanan yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi yang mencatat dan menyimpan kata sandi tanpa mengenkripsi mereka.

Mengomentari Krebs insinyur Facebook, Scott Renfro mengatakan penyelidikan internal dimulai setelah Facebook menemukan log yang tidak mengungkapkan tanda-tanda penyalahgunaan. Dalam komentar publik, Facebook mengatakan telah menemukan masalah tersebut pada Januari lalu sebagai bagian dari tinjauan keamanan rutin.

Penyelidikan Facebook menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna yang terkena dampak adalah pengguna Facebook Lite, yang cenderung digunakan di negara-negara di mana koneksi internet jarang dan lambat. Facebook memperkirakan bahwa mereka akan memberi tahu ratusan juta pengguna Facebook Lite, puluhan juta pengguna Facebook lainnya, dan puluhan ribu pengguna Instagram terkait masalah tersebut.

Kegagalan Facebook melindungi password pengguna sebagaimana mestinya ini menambah daftar kegagalan mereka yang semakin panjang. Pada September tahun lalu, dilporkan informasi tentang 50 juta pengguna telah terpapar oleh kelemahan keamanan. Sebelumnya pada tahun 2018 terungkap bahwa data jutaan pengguna telah dipanen oleh perusahaan sains data Cambridge Analytica.

Sumber: BBC

Sumber Foto: News Update