NCA Inggris Perkenalkan Keamanan Online dengan Film Kartun

Anak-anak berusia empat hingga tujuh tahun di Inggris kini menjadi sasaran dalam kampanye video online baru dari National Crime Agency (NCA) Inggris. Rangkaian video yang disebut Jessie & Friends dimaksudkan untuk mengajari anak-anak bagaimana menjaga diri mereka tetap aman saat online, dengan tujuan untuk melindungi mereka dari pelecehan seksual dan ancaman lainnya.

Anak-anak akan diarahkan ke Jessie & Friends melalui klip video dan lagu yang menarik di situs media sosial. NSPCC Inggris menggambarkan langkah tersebut sebagai langkah positif (bagi keamanan anak online).

Jessie & Friends menampilkan tiga animasi anak yang menjelajahi video daring dan media sosial, tetapi mereka segera menyadari bahwa ada bahaya yang mengintai di sana. Dalam episode pertama, Jessie menonton video buaya bahagia yang tampaknya tidak berbahaya yang tiba-tiba berubah untuk menampilkan versi reptil yang marah.

Video semacam itu, yang dapat mengganggu anak kecil, telah diketahui berkembang biak di YouTube dan situs lainnya. Menurut Ofcom, kebanyakan anak-anak Inggris yang berusia tiga hingga empat tahun saat ini menggunakan internet. Pada tahun 2018, 25% orangtua mereka mengatakan mereka khawatir tentang anak-anak yang memberikan rincian kepada orang-orang yang tidak pantas secara daring yang merupakan kenaikan dari 18% tahun sebelumnya.

Dalam episode lain, anak-anak bergabung dalam game online bersama orang asing yang tampaknya membantu yang kemudian menipu mereka agar kalah. Direktur NCA, Rob Jones mengatakan bahwa orangtua, wali dan guru perlu untuk dapat mendiskusikan keamanan online dengan anak-anak dengan cara yang sensitif dan positif.

Will Gardner, kepala eksekutif Childnet mengatakan bahwa Jessie & Friends mempermudah orangtua untuk mengangkat topik keamanan online dengan anak-anak. Ini adalah cara yang sangat berguna bagi orangtua untuk memulai percakapan dan benar-benar ditujukan kepada orangtua, sebuah alat yang dapat digunakan untuk memulai percakapan dengan anak-anak.

Sumber: BBC

Sumber Foto: parentdish.ca