Prestasi! 7 Bulan 700 Lebih Hoax

Bila sebaran hoax bisa dimasukkan ke sebuah pencapaian, maka jumlah hoax yang beredar dalam 7 bulan terakhir yang berjumlah 771 hoax bisa dikatakan sebuah prestasi. Itu artinya dalam satu bulan tertentu jika dirata-rata minimal 100 hoax yang disebarkan. Sebanyakan 181 di antaranya merupakan hoax mengenai politik.

Hal ini diungkapkan oleh Menkominfo Rudiantara beberapa waktu yang lalu. Menurut Menkominfo pada bulan Agustus 2018 ada 25 hoax, September ada 27, Oktober bertambah menjadi 53, November 63, Desember 75, Januari 175, Februari ada 353 hoax. Bulan Februari merupakan bulan di mana sebaran hoax sangat tinggi, yaitu 353 hoax. Hal ini mungkin karena semakin dekatnya pemilihan umum yang akan diadakan pada bulan April mendatang.

Sebagaimana dikutip dari DetikInet, jumlah hoax tersebut adalah hoax yang teridentifikasi dan sudah divalidasi. Artinya, seluruh informasi yang beredar itu sudah dibandingkan dengan faktanya. Menkominfo mengajak masyarakat, termasuk mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam menangkal hoax. Salah satunya dengan tidak ikut menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya.

Rudiantara juga mengingatkan agar pesan yang berpotensi hoax agar langsung dihapus dari ponsel. Dia menilai pengirim maupun penerima pesan akan dirugikan.

Sumber: DetikInet

Sumber Foto: Turnback Hoax