WhatsApp Ambil Tindakan Untuk Membatasi Konten Viral

Pimpinan WhatsApp di India Abhijit Bose mengatakan bahwa WhatsApp telah mengambil beberapa langkah untuk membatasi penyebaran informasi yang salah dan berita palsu pada platformnya di India, tetapi akan ada lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengamankan platform tersebut sepenuhnya.

Dalam pernyataan pertamanya setelah mengambil alih sebagai kepala operasi WhatsApp di India dari awal tahun ini, Bose mengatakan bahwa WhatsApp sangat percaya bahwa pesan pribadi sangat penting untuk aman.

Ia mengungkapkan bahwa perubahan terbaru yang dilakukan WhatsApp untuk membatasi konten viral dan mengedukasi pengguna memiliki dampak positif. Menurut Bose, pekerjaan ini tidak pernah akan selesai jika tidak dikerjakan. Bose berjanji akan mendengarkan dengan saksama dan belajar di bulan-bulan mendatang serta berharap dapat bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di India untuk mencapai tujuan keselamatan bersama.

Dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan, India adalah pasar WhatsApp terbesar di dunia. Secara global, platform ini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna.

WhatsApp menghadapi kritik dari pemerintah India atas lusinan insiden yang menyebabkan kematian tanpa pengadilan di negara itu tahun lalu yang dikaitkan dengan rumor yang tersebar di WhatsApp. WhatsApp kemudian memperkenalkan beberapa langkah baru, termasuk membatasi jumlah pesan yang dapat diteruskan oleh pengguna ke lima dan menunjuk seorang petugas pengaduan untuk negara tersebut.

Sumber: NDTV

Sumber Foto: The Guardian NG