Dipenjara Karena Jadi Pemandu Situs Silk Road 2.0

Seorang pria Inggris yang drop out kuliah dan menjadi pemandu di balik pasar gelap online untuk obat-obatan terlarang telah dipenjara selama lima tahun dan empat bulan. Thomas White dijatuhi hukuman di pengadilan Liverpool karena menjalankan situs Silk Road 2.0 di dark web dan juga karena memiliki ratusan gambar anak-anak tidak senonoh yang ditemukan di laptop terenkripsi setelah penangkapannya.

White, 24, mendirikan situs tersebut setelah FBI menutup Silk Road yang asli pada 2013. Hakim, Thomas Teague QC, mengatakan bahwa White berdagang obat-obatan terlarang dan memfasilitasi perdagangan oleh orang lain dalam obat-obatan tersebut melalui pasar online klandestin, Silk Road. Pasar tersebut memiliki pengaturan keamanan canggih untuk meminimalkan risiko deteksi oleh lembaga penegak hukum dan pengguna melakukan dan menerima pembayaran dalam Bitcoin.

Pada Oktober 2013, FBI telah menutup situs Silk Road dan menangkap Ross Ulbricht, yang menggunakan nama Dread Pirate Roberts, karena menjalankannya. White berkolaborasi dengan pengguna Amerika, Blake Benthall, yang dikenal sebagai DefCon, untuk mendirikan pasar baru, Silk Road 2.0.

White mengambil alih peran Dread Pirate Roberts, tetapi seketika situs  berjalan kembali, dia mulai mengurangi keterlibatan aktifnya. Silk Road 2.0 terus beroperasi sampai November 2014, tetapi White telah mengumumkan pengunduran dirinya dalam pesan pada Januari 2014, ketika ia berusia 19 tahun. White mengaku bersalah bulan lalu karena memasok MDMA, pencucian uang, dan membuat gambar anak-anak yang tidak senonoh. Dia juga mengaku membantu atau membujuk dilakukannya pelanggaran di luar negeri.

Ketika polisi menggerebek apartemen yang sewanya 1.700 poundsterling per bulan pada November 2014 mereka menyita perangkat elektronik. Selain menemukan materi yang berkaitan dengan situs tersebut, mereka menemukan 464 gambar anak-anak yang tidak senonoh, termasuk beberapa yang masih berusia enam bulan.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Register