Kena/Ingin Blokir?

1. Tanya: Bagaimana jika situs/konten  favorit saya ataupun situs/konten yang saya kelola kena blokir “Internet Sehat”?

Jawab: Kami di ICT Watch / Internet Sehat adalah BUKAN pihak yang menentukan (dan TIDAK melakukan) pemblokiran situs apapun dengan cara dan alasan apapun. Biasanya tampilan situs informasi tentang pemblokiran memang menuliskan kata “Internet Sehat“, tetapi hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali dengan kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut tentang mengapa suatu situs diblokir dan/atau ingin mengajukan keberatan atas pemblokiran tersebut, langsung saja hubungi:

  • Tim Trust Positif Kemkominfo (email: aduankonten@mail.kominfo.go.id)
  • Tim DNS Nawala (email: info@nawala.id), dan/atau
  • Penyelenggara layanan Internet / ISP yang Anda gunakan.

2. Tanya: Mengapa di halaman blokir tersebut ada tertulis “Internet Sehat”?

Jawab: Mereka yang melakukan pemblokiran tersebut bisa jadi memasang kata/kalimat “Internet Sehat” tanpa seijin kami. ICT Watch adalah pemegang hak penggunaan nama “Internet Sehat” berdasarkan keputusan Dirjen HAKI, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada tanggal 21 Oktober 2010, dengan nomor pendaftaran IDM00276610. Setiap penyalahgunaan kata/kalimat “Internet Sehat” memiliki konsekuensi hukum sebagai telah diatur oleh undang-undang. Silakan baca tentang lisensi Internet Sehat.

3. Tanya: Lalu apa itu Internet Sehat?

Jawab: Silakan baca Sejarah Awal Gerakan Internet Sehat di Indonesia. Silakan pula unduh dan gunakan materi literasi digital Internet Sehat untuk melakukan edukasi sesuai kebutuhan Anda.

4. Tanya: Bagaimana jika saya ingin memblokir situs/konten yang bermuatan negatif untuk melindungi anak/siswa saya?

Jawab: Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama, menghubungi dan berkonsultasi dengan salah satu atau kedua pihak di atas (Kemkominfo dan/atau Nawala). Kedua, memasang parental control software di gadget (komputer, laptop, tablet, smartphone) yang digunakan oleh anak/siswa Anda. Parental control software ini membantu Anda untuk melakukan: pengelolaan situs/konten mana yang boleh atau tidak boleh diakses (filtering), pengaturan jadwal dan durasi gadget untuk dapat mengakses Internet (scheduling) dan pengawasan anak/murid atas aktifitasnya selama di Internet (monitoring). Beberapa contoh filtering software yang tersedia antara lain:

  1. Kakatu (made in Indonesia) untuk Android
  2. Qustodio untuk Windows, Mac OS X, Android, iOS (iPhone, iPod, iPad)
  3. K9 Web Protection untuk Windows, Mac OS X, Android, iOS (iPhone, iPod, iPad)
  4. Norton Online Family untuk Windows, Android, iOS (iPhone, iPod, iPad)

Pelajari cara penggunaan dan manfaatnya dengan baik dan benar. Meskipun demikian, ingatlah bahwa tidak ada produk  parental control software apapun yang memiliki kehandalan 100% untuk melindungi anak/murid Anda! Parental control software hanyalah sekedar alat bantu. Perilaku komunikasi internal keluarga dan peran orangtua adalah faktor dominan dan penentu untuk melindungi anak dan keluarga dari maraknya situs/konten bermuatan negatif di Internet.

Silakan unduh dan gunakan materi literasi digital Internet Sehat untuk melakukan edukasi sesuai kebutuhan Anda.