Tentang Kami

logo-ictwatch-idInternet Sehat adalah gerakan advokasi literasi digital yang diinisasi pada 2002 dan terus dijalankan secara konsisten oleh ICT Watch (www.ictwatch.id) hinga hari ini. Pada Mei 2016 di Jenewa, ICT Watch mendapatkan pencapaian internasional, The World Summit on the Information Society (WSIS) Champion, dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) – International Telecommunication  Union (ITU). PBB / ITU menilai bahwa program Internet Sehat adalah contoh strategi advokasi tentang etika online dan literasi digital untuk masyarakat.

ICT Watch juga mendapatkan pengakuan dalam negeri berupa Tasrif Award dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada Agustus 2014 di Jakarta. AJI berpendapat bahwa ICT Watch telah menjalankan peran yang siinifikan dalam proses demokratisasi Internet di Indonesia serta mempromosikan Internet sebagai wahana pemenuhan hak atas informasi warga negara.

Dalam menjalankan programnya, ICT Watch berkolaborasi hangat dengan multistakeholder. ICT Watch adalah juga salah satu perintis dan pegiat sejumlah inisatif semisal Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet), Indonesian CSOs Network for Internet Governance (ID-CONFIG), Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) dan Indonesia Child Online Protection (ID-COP).

Visi ICT Watch:

“Terwujudnya ekosistem tata kelola Internet Indonesia yang melindungi dan memenuhi hak warga negara atas informasi dan kebebasan berekspresi, juga pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), termasuk Internet di dalamnya, secara strategis, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi Indonesia”.

Misi ICT Watch:

  • Membangun kesadaran masyarakat luas di Indonesia, khususnya bagi orang tua dan guru, tentang penggunaan TIK / Internet yang aman dan bijak. (INTERNET SAFETY)
  • Memberdayakan masyarakat sipil di kawasan Asia Tenggara, khususnya pegiat kebebasan berekspresi, dengan secara bersama membangun pengetahuan dan kemampuan menggunakan TIK / Internet secara layak. (INTERNET RIGHTS)
  • Mendukung dialog pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) dalam hal TIK dan tata kelola Internet, dengan menjunjung prinsip utama yaitu transparansi, akuntabilitas, kesetaraan dan demokratis. (INTERNET GOVERNANCE)

ICT Watch terdaftar resmi pada Kementerian Hukum dan HAM Indonesia, dengan nama Perkumpulan Mitra TIK Indonesia, pada Desember 2008. ICT Watch menyediakan sejumlah panduan literasi digital dalam bentuk buku, buletin, film dokumenter, dan materi terkait lainnya untuk orang tua dan guru dengan lisensi bebas-pakai (creative common licensed) yang dapat diunduh melalui situs http://internetsehat.id/literasi.

3 (tiga) prinsip utama Internet Sehat yang dikembangkan ICT Watch adalah: logo internetsehat

  • a). Menumbuhkan konten lokal yang positif, bermanfaat dan menarik untuk tumbuh kembang anak dan remaja serta produktivitas masyarakat/komunitas setempat.
  • b). Mendorong komunikasi orang tua dengan anak ataupun guru dengan murid serta memperkenalkan alat bantu  parental control  untuk swa-penapisan konten ilegal di rumah ataupun sekolah.
  • c). Menginisiasi dialog dan kerjasama inklusif, sinergis dan setara atas tata kelola Internet dengan peran pemangku kepentingan majemuk (multistakeholder) dalam perlindungan anak di Internet.

Adapun slogan Internet Sehat adalah: “wise while online, think before posting!” Silakan baca sejarah awal Internet Sehat selengkapnya.

Hubungi kami:
ICT Watch
Jl Tebet Barat Dalam 6H No 16A, JKT 12810 – Indonesia
Telepon/Faksimili: +62 (021) 8292428 | Email: info[at]ictwatch.id | Situs: www.ictwatch.id
Kami juga ada di Twitter, Facebook, Youtube, Slideshare dan Flickr.

Lokasi (GPS): -6.237538 (lat), 106.848874 (long). Silakan klik untuk peta lokasi.

48 Comments

  1. sudah saatnya kita manfaatkan internet dengan maksimal dan memberi manfaat bagi kita secara maksimal… selalu hidupkan moto berinternet dengan sehat

  2. Permisi saya minta izin mengambil sedikit informasi yang ada disini untuk tugas membuat opini terntang cara internet dengan sehat di sakolah. Key! Terimakasih….

  3. Tak perlu menunggu nanti,
    Dan segala perjuangan kau kerahkan
    Beribu doa kau sulam, keyakinan kau mantapkan.
    Karena dalam imajinasi semua keinginan terwujud kala itu juga
    Seketika kau pikirkan, terwujudlah apa yang kau inginkan.

    Betapa indahnya memutar imajinasi,
    Terwujud, terlaksana tanpa harus menunggu nanti.
    Berjuta keinginan tewujud seketika
    Hinga lelahlah pengembaran imajinasi
    Tiada pernah berhenti
    Hingga maut menghampiri.

    Mengapa tidak memilih bahagia saja?

    KUNJUNG DI BLOG ZOOMY YUK

  4. saya sungguh tertarik dengan program ini, memang sudah seharusnya internet hanya dipruntukan untuk kebaikan, namun saya masih awam, saya pingin ikutan tapi untuk meng’copy paste’ kan logo di blogdetik com lewat mana, saya awam bahasa program saya coba-coba tak bisa juga untuk menempelkan logo internet sehat itu, tolong dong….

  5. terimakasih atas download file yang disediakan anda. kami juga akan menampilkan di bogger kami.untuk membantu sosialisasi program internet sehat buat anak bangsa ini .

  6. Assalamualikum Wr Wb. Senang sekali bisa berkunjung ke website Internet Sehat. Kami di Ponpes Darul Muhajirin Praya kebetulan sedang memulai mengadakan internet untuk santri di ruang khusus. Kami sangat tertarik dengan media-media yang digunakan kampanye internet sehat. Bisakah kami mendapatkan media-media tersebut seperti poster, booklet, dan lainnya? Terimakasih.

  7. Ibarat pisau, internet bisa berdampak positif, atau sebaliknya, negatif. ini tergantung bagaimana si pengguna menyikapi internet. Semoga konsumen dan penggiat internet di Indonesia dapat memilih internet sehat, daripada internet sakit 🙂

    kami tunggu kunjungannya ke situs kami percetakan

  8. saya baru mengetahui ttg ITC watch ini dan ingin sekali website saya bisa di ‘perhatikan’ apakah sudah se-sehat yang saya pikirkan.

    Bagaimaan proses agar sy bisa mendapatkan ‘perhatian’ itc watch?
    Please let me know.

    Thank you & best regards,
    Budi Suhendrio

  9. Internet Sehat maju terus ! Internet Sehat bagaikan angin segar di tengah Padang Pasir,,

    Kalau kampus saya ingin mengundang Tim Internet Sehat sebagai narasumber bagaimana caranya yah ?

  10. Jangan terlupakan : INTERNET 2.0 – SOCIAL MEDIA – dan E-L DIVIDE

    Internet (sehat) adalah bagian dari learning process bagi para users-nya. Hal ini sering dilupakan. Yang terjadi hanyalah Information transfer tidak mengakibatkan suatu Knowledge transfer. Perangkat (device) ICT makin lama makin canggih, tapi learning strategy bagi para users-nya terlupakan, sementara konsumen hanyalah korban sales yang gencar daripada produsen-produsen ICT. Hal tsb menyebabkan suatu yang kami sebut sebagai jurang antara “e” (aspek dari perangkat ICT yang canggih) dengan “learning” (aspek pembelajaran manusia) atau E-L Divide. Ikuti tentang issue ini pada Knowledge-base kami http://delicious.com/mobeeknowledge/e-ldivide (6 artikel)

    Yang juga dilupakan atau tidak disadari oleh pengguna internet di Indonesia adalah perkembangan dan penggunanaan Web 2.0 disegala sector, mis. Business 2.0, Campus 2.0, Health 2.0, Enterprise 2.0, Innovation 2.0 dsb. Untuk memahami secara komprehensif tentang ini, ikuti Knowledge-base kami http://delicious.com/mobeeknowledge/web2.0 (7 artikel)

    Social Media adalah platform yang berkembang dari kemajuan teknologi Web 2.0 yang memungkinkan kita mengembangkan pengalaman-pengalaman baru (new users experience) dibidang Social Networking, Social Learning, Social Collaboration dsb. Pelajari tentang hal ini pada Knowledge-base kami http://delicious.com/mobeeknowledge/socialmedia (16 artikel) dan/atau khusus artikel pada link http://www.km4dev.org/group/km4dev_indonesia/forum/topics/penjelasan-sekitar-social

  11. Asslkm . .wr.wb, salam kenal ya.
    Internet sehat, insya Allah pasti baik utk kesehatan para penggunanya.
    salam damai sepanjang hari . . . .

13 Trackbacks / Pingbacks

  1. ICT Watch Indonesia » Blog Archive » Contact Info
  2. 10 Kiat Sehat Menghindari Spam dari Internet
  3. 7 Kiat Lindungi Privasi Keluarga Sejak Dini di Internet
  4. Mengenalkan Internet di Usia 12 hingga 17 Tahun
  5. Alat Bantu untuk Internet Sehat
  6. Perang Lawan Pornografi, Bagaimana Strateginya?
  7. Mengenalkan Internet di Usia 2 hingga 12 Tahun
  8. 9 Ajakan Ber-Internet Sehat untuk Remaja
  9. Kick-off Pelatihan Komputer dan Internet, Gratis untuk Guru
  10. Pelatihan komputer dan internet, gratis untuk guru « Guru Kreatif. Creative Teacher
  11. teknologi informasi - StartTags.com
  12. Ikutan ISBA 2011 || Indam Site
  13. Mengapa Internet Sehat? « Krakatau HotSpot

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*