Tweet dan Video YouTube Masuk Arsip Nasional

niemanlab.orgInggris mengambil langkah maju dalam hal pendokumentasian berbagai peristiwa yang terjadi di negara tersebut. Arsip nasional di Inggris mulai memasukkan tweet dan video dari YouTube sebagai bagian dari penyimpanan dokumen mereka.

Tweet dan YouTube akan mengambil bagian di arsip nasional Inggris bersama banyak dokumen lainnya tentang peristiwa yang terjadi di Inggris karena arsip nasional Inggris mulai bergerak menuju media sosial.

Ribuan posting tentang peristiwa  seperti kelahiran Prince George telah dicatat untuk dibuat online  snapshot-nya dan masih banyak lagi yang akan dikumpulkan di masa depan.

Arsip nasional Inggris akan mulai menyimpan pilihan tweet dan video yang diterbitkan oleh departemen pemerintah untuk membuat koleksi mereka menjadi lebih dari 11 juta catatan sejarah, politik dan publik ke abad ke-21.

Arsip media sosial baru berisi lebih dari 7.000 video YouTube dan lebih dari 65.000 tweet individu dari  departemen pemerintah pusat Inggris berada di Twitter dan YouTube. Pengarsipan konten media sosial tersebut ditujukan untuk melestarikan konten sebagai catatan resmi publik. Di antara peristiwa besar lainnya akan diarsipkan adalah Olimpiade London 2012 dan kemenangan Andy Murray di Wimbledon tahun 2013 yang lalu.

Menurut pejabat arsip nasional Inggris, media sosial kini memainkan peran penting dalam komunikasi pemerintah di mana  departemen sering menggunakan Twitter untuk memperjelas kebijakan dan YouTube untuk mempromosikan inisiatif. Jadi, penting bagi arsip nasional untuk mengembangkan sistem yang mendukung pengarsipan media sosial dan formatnya harus dipertahankan sebagai bagian dari catatan resmi publik.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar:  niemanlab.org