Pemilik Situs Hadapi Tuntutan Kriminal

Empat orang yang diduga pemilik sebuah situs web yang menerbitkan foto orang-orang yang diambil segera setelah mereka ditangkap, telah ditangkap. Para pemilik situs web mugshots.com dituduh melakukan pemerasan dan berbagai kejahatan lainnya. Situs yang berbasis di AS tersebut meminta siapa pun yang ingin agar gambar mereka dihapus untuk menyerahkan uang tebuasan yang besar.

Situs tersebut menghasilkan lebih dari 2 juta dollar AS dari orang-orang yang ingin foto mereka dihapus. Jaksa Agung Xavier Becerra dalam sebuah pernyataan menyatakan bahwa skema bayar untuk-penghapusan ini mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari penghinaan orang lain. Mereka yang tidak mampu membayar skema ini agar bisa menghapus informasi tentang mereka membayar uang tebusan ketika mereka mencari pekerjaan, perumahan, atau mencoba membangun hubungan dengan orang lain.

Foto hanya akan dihapus jika orang-orang yang digambarkan di mugshots.com membayar uang tebusan. Lebih dari 5.700 orang membayar agar foto mereka dihapus dari situs tersebut. Empat orang yang dituntut adalah Thomas Keesee, Kishore Vidya Bhavnanie, David Usdan dan Sahar Sarid. Selain tuduhan pemerasan, keempatnya juga dituduh melakukan pencucian uang dan pencurian identitas.  Tidak jelas apa yang akan terjadi pada situs mugshots.com karena pemiliknya ditangkap dan dituntut. Saat ini situs tersebut masih beroperasi.

Sumber: BBC