YouTube, Facebook, dan iTunes Hapus InfoWars dari Platform Mereka

Apple telah menghapus ratusan podcast dari ahli teori konspirasi Alex Jones dan  InfoWars dari aplikasi iTunes dan Podcasts-nya. Apple menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak mentoleransi perkataan yang mendorong kebencian.

Pada hari Senin kemarin Facebook menghapus halaman InfoWars di platformnya karena menggunakan ujaran kebencian dan saluran Alex Jones di YouTube dihentikan. Dalam streaming langsung di Twitter, Jones mengatakan InfoWars telah menjadi saluran paling disensor di bumi.

Spotify juga mengatakan bahwa mereka telah menghapus The Alex Jones Show dari daftar podcastnya pada hari Senin. Dalam sebuah pernyataan Spotify mengatakan bahwa mereka memperhatikan laporan tentang konten kebencian secara serius. Oleh karena pelanggaran berulang terhadap kebijakan konten terlarang Spotify, The Alex Jones Show kehilangan akses ke platform Spotify.

Jones telah banyak dikritik karena mengulangi teori konspirasi bahwa serangan 9/11 di New York dipentaskan oleh pemerintah AS. Dia juga mengklaim bahwa banyak anak-anak yang tewas dalam pembantaian Sandy Hook 2012 adalah aktor. Orangtua dari dua anak yang ditembak dalam serangan tersebut menuntutnya karena pencemaran nama baik, mengatakan bahwa Jones telah membuat pernyataan yang salah, kejam, dan berbahaya.

Beberapa komentator sayap kanan mengatakan adanya kemampuan perusahaan-perusahaan teknologi untuk memblokir penerbit menimbulkan tantangan terhadap undang-undang kebebasan berbicara AS. Selain itu, Wikileaks menyebut langkah tersebut sebagai San Francisco cultural imperialism.

Meskipun Apple tidak menempatkan podcast InfoWars di servernya sendiri, adanya aplikasi iTunes dan Podcasts membuat program mudah diakses oleh jutaan orang. Lima dari enam acara terkait InfoWars tidak lagi tersedia di iTunes, dengan semua episode dihapus. Apple tidak lagi terhubung ke serial seperti The Alex Jones Podcast dan War Room di aplikasinya. Namun, serial Real News tetap ada di iTunes.

Dalam sebuah pernyataan, Apple mengatakan bahwa mereka memiliki panduan yang jelas bahwa pembuat dan pengembang harus ikut untuk memastikan Apple menyediakan lingkungan yang aman bagi semua penggunanya.

Pada bulan Juli, YouTube menghapus empat video dari saluran Jones yang memiliki lebih dari 2,4 juta pengikut. Dalam video yang dihapus, Jones mengkritik imigran Muslim ke Eropa dan juga mengecam transgender.

Sumber: BBC