Iklan Spotify Dilarang karena Timbulkan Hal yang Tak Menyenangkan bagi Anak-anak

Sebuah iklan Spotify telah dilarang karena menimbulkan bahaya terhadap anak-anak. Iklan tersebut menirukan film horor dan menunjukkan orang-orang muda sedang diancam oleh boneka yang menakutkan ketika mereka memainkan lagu tertentu.

Dalam putusannya, Advertising Standards Authority (ASA) mengatakan bahwa setting dan tampilan iklan tersebut sangat mungkin untuk menakut-nakuti pengguna yang lebih muda. Spotify telah diberitahu untuk memastikan iklannya di masa depan cocok untuk anak-anak dan ditargetkan dengan tepat.

Dalam sebuah pernyataan, Spotify mengatakan bahwa mereka mengakui keputusan dari ASA dan menyesali kesusahan yang ditimbulkan oleh iklan tersebut. ASA juga telah melarang iklan untuk pembesaran payudara yang ditunjukkan selama acara Love Island ITV.

Iklan Spotify berjalan di YouTube pada bulan Juni 2018 dan menampilkan beberapa adegan anak muda secara teratur memainkan lagu Havana oleh Camila Cabello. Video ini menunjukkan musik juga membangunkan boneka gaya film horor yang kemudian muncul dan membuat karakter menakutkan setiap kali lagu dimainkan.

Iklan tersebut menghasilkan keluhan, yaitu  telah menyebabkan bahaya pada anak. Kekerasan yang tersirat dalam klip, musiknya, reaksi para tokoh dan cara bagaimana boneka muncul tiba-tiba tampaknya semuanya berfungsi untuk membuat anak-anak takut. Fakta bahwa iklan itu dipasang di dalam rumah, termasuk pengaturan tempat tidur, dan menampilkan boneka, berarti itu sangat mungkin menyebabkan penderitaan bagi anak-anak yang melihatnya.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Mashable