Sensor Game di China Ambil Sikap Tegas

Sebuah panel sensor yang dibentuk untuk memantau video game ponsel di China telah mengisyaratkan akan mengambil sikap tegas. Media negara China melaporkan bahwa dari 20 judul game pertama yang dinilai, sembilan ditolak izin untuk mulai dijual. Kantor berita Xinhua menambahkan bahwa pengembang dari 11 lainnya telah diberitahu bahwa mereka harus membuat penyesuaian untuk menghapus konten kontroversial.

Tindakan keras terhadap rilis video game baru di China terjadi sejak Maret. Pihak berwenang telah menyuarakan keprihatinan tentang sifat kekerasan dari beberapa judul game serta kekhawatiran tentang aktivitas yang membuat kecanduan.

Presiden Xi Jinping juga menyerukan lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengatasi peningkatan rabun dekat yang melanda anak muda China sesuatu yang telah dikaitkan dengan anak-anak yang bermain video game dengan dalam jangka waktu yang lama.

Sebuah badan baru State Administration of Press and Publications telah diumumkan pada bulan Agustus untuk mengambil-alih tanggung jawab untuk menyetujui game dan bahwa itu akan membatasi jumlah judul online yang tersedia. Meskipun belum ditentukan, beberapa ahli mengasumsikan bahwa panel baru tersebut akan beroperasi di bawah lambaga ini.

Sampai pengumuman oleh komite pusat Partai Komunis China pada hari Jumat yang lalu keberadaan panel tinjauan video game online belum diumumkan. Xinhua mengatakan panel tersebut terdiri dari ahli game, peneliti yang bekerja pemerintah, dan perwakilan dari industri media dan industri video game. Tetapi tidak ada informasi lain tentang siapa mereka atau judul-judul yang sudah mereka periksa. Juga tidak ada petunjuk kapan pembekuan rilis baru mungkin berakhir.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Guardian NG