YouTube Rewind 2018 Video Kedua yang Paling Tidak Disukai Pengguna

Rekap tahunan terkait video, musik, dan tren yang heboh sepanjang tahun tertentu yang didefinisikan YouTube pada 2018 pada tahun ini telah menjadi video kedua yang paling tidak disukai dalam sejarah situs web. YouTube Rewind 2018 telah mengumpulkan lebih dari 6,8 juta DISLIKE pada saat artikel ini dibuat, kedua setelah single Justin Bieber di tahun 2010 yang di-DISLIKE lebih dari 9,7 juta kali.

Namun perlu dicatat, sementara video Bieber di-DISLIKE selama delapan tahun terakhir, YouTube Rewind 2018 mampu mencapai tonggak tersebut hanya dalam tiga hari.

Pertanyaannya mengapa video itu begitu tidak disukai?

Perang antara PewDiePie dengan saluran Bollywood T-Series untuk mempertahankan posisi teratas telah menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di situs web, namun itu tidak ada dalam video tersebut.

PewDiePie yang nama aslinya adalah Felix Kjellberg telah merilis video reaksi di mana dia mengkritik oversaturation (saturasi berlebihan) dari video game Fortnite dan pengecualian orang-orang yang bukan tokoh YouTube, seperti klip dari pembawa acara talk show AS Trevor Noah dan John Oliver melakukan tarian Fortnite. Dia menunjukkan bahwa video tersebut tidak menyebutkan momen-momen penting 2018, seperti dukungan di YouTube bagi mereka yang meninggal tahun ini, termasuk aktor “Robbie Rotten” LazyTown, Stefan Karl Stefansson.

Salah satu kritik terbesar dari video tersebut adalah kegagalan untuk menampilkan Logan Paul dan KSI, yang pertarungan tinjunya disiarkan oleh sekitar 800.000 orang di YouTube. Pertarungan mereka di Manchester Arena mengundang banyak pertanyaan tentang bagaimana YouTube dapat memengaruhi olahraga modern, namun itu tidak berhasil.

Ketidakhadiran lain termasuk Shane Dawson, yang serial videonya tentang Jake Paul secara luas dibahas di media sosial pada tahun 2018. Namun reaksi terhadap YouTube Rewind 2018 tersebut tidak semuanya buruk. Beberapa orang maju untuk membela video, dengan British YouTuber TomSka yang memberi tahu pengikutnya bahwa dia menyukai Rewind 2018. Sementara yang lain memuji momen individu, termasuk urutan animasi populer oleh JaidenAnimations, dan penampilan singkat ratu drag Trixie Mattel dan Katya Zamolodchikova.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Google/YouTube