Tangani Hoax Pemilu, WhatsApp Buat Call Center di Indonesia

WhatsApp sepertinya serius dengan usaha melawan hoax yang viral di platform mereka. Setelah membatasi pesan terusan menjadi hanya 5, langkah berikutnya adalah mendirikan sebuah call center.

Dikutip dari CNN Indonesia, Whatsapp akan menyediakan layanan call center di Indonesia untuk melawan hoax dan misinformasi dalam pemilu legislatif dan presiden 2019. Program layanan call center ini sudah diterapkan Whatsapp di India, Meksiko dan Brazil. Menurut VP Public Policy & Communication Whatsapp Victoria Grand Whatsapp akan bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) untuk membangun layanan call center di Indonesia.

Victoria Grand menambahkan bahwa kerja sama dengan ICT dan Mafindo untuk membangun hotline terkait dengan pengecekan fakta. WhatsApp juga menyediakan funding (pendanaan) riset sebesar US$1 juta untuk bisa mengerti iklim dan berbagai aspek tantangannya.

Untuk nomor pusat kontak WhatsApp call center tersebut baru akan diumumkan kemudian, jika pembicaraan kerja sama dengan Mafindo dan ICT Watch telah selesai. Lead of Public Affair WhatsApp Carl Woog mengatakan bentuk kerja sama dengan pihak ketiga ini adalah agar masyarakat bisa mendapatkan info lebih spesifik mengenai hoax dan misinformasi.

Grand mengatakan nantinya WhatsApp juga akan mampu membaca lima chat terakhir akun yang dilaporkan menyebarkan berita hoax.

Sumber: CNN Indonesia

Sumber Foto: Neo Tech