Cairncross Review: Berita Facebook dan Google Seharusnya Direview

Regulator harus mengawasi raksasa teknologi seperti Google dan Facebook untuk memastikan konten berita mereka dapat dipercaya. The Cairncross Review mengatakan Facebook dan Google harus membantu pengguna mengidentifikasi berita palsu dan mendorong orang menuju berita berkualitas tinggi.

Tinjauan independen yang dilakukan oleh mantan jurnalis Dame Frances Cairncross, ditugaskan untuk menyelidiki keberlanjutan jurnalisme berkualitas tinggi. Rekomendasi-rekomendasinya mencakup langkah-langkah untuk mengatasi keseimbangan kekuatan yang tidak merata antara penerbit berita dan platform online yang mendistribusikan konten mereka.

Layanan seperti Facebook, Google dan Apple harus melanjutkan upaya mereka untuk membantu pembaca memahami seberapa andal sebuah artikel dan proses untuk menentukan artikel mana yang ditampilkan harus lebih transparan.

Menurut The Cairncross Review, upaya mereka (Facebook, Google, dll) harus ditempatkan di bawah pengawasan peraturan karena tugas tersebut terlalu penting untuk diserahkan sepenuhnya kepada penilaian entitas komersial. Regulator pada awalnya hanya akan menilai seberapa baik kinerja situs-situs tersebut, tetapi jika ini tidak berhasil, mungkin perlu untuk menerapkan ketentuan yang lebih ketat.

Namun laporan tersebut gagal mewajibkan Facebook, Google dan raksasa teknologi lainnya untuk membayar berita yang mereka distribusikan melalui platform mereka. Dame Frances mengatakan kepada editor media BBC Amol Rajan bahwa tindakan kejam dan berisiko dapat mengakibatkan perusahaan seperti Google menarik layanan berita mereka sama sekali.

Sumber: BBC

Sumber Foto: DNA India