Jutaan Panggilan Medis Terpapar Online

Jutaan panggilan yang dilakukan oleh orang Swedia untuk mencari nasihat medis melalui saluran telepon layanan kesehatan nasional telah terpapar online. Sekitar 2,7 juta percakapan sejak tahun 2013 ditemukan oleh situs berita teknologi Computer Sweden pada server web yang tidak dienkripsi. Hal itu termasuk 170.000 jam panggilan sensitif tentang gejala dan obat-obatan. Otoritas perlindungan data Swedia saat ini sedang menyelidiki hal ini.

Marcus Jerrang, editor-in- chief di Computer Sweden mengatakab bahwa ia benar-benar kagum dengan apa yang mereka  temukan di sana. Orang-orang membicarakan gejala, penyakit, penyakit anak-anak mereka, memberikan nomor jaminan sosial mereka. Data ini bersifat pribadi. Dia mengatakan bahwa akses ke situs web saat ini diblokir.

Swedia mengoperasikan saluran saran nasional, 1177 yang dijalankan oleh sebuah perusahaan bernama Medhelp. Pada gilirannya, perusahaan Swedia ini mensubkontrakkan panggilan keluar ke Medicall. Medicall tidak menanggapi permintaan komentar dari BBC.

Jerrang mengatakan kepada BBC bahwa percakapan singkat antara reporter yang mengungkap situs web dan kepala eksekutif Medicall Davide Nyblom berakhir dengan dia menyangkal pelanggaran tersebut bisa terjadi dan kemudian menutup telepon ketika reporter menawarkan untuk memainkan salah satu file.

Menurut pakar keamanan Mikko Hypponen, panggilan telepon disimpan sebagai file audio Wav pada server yang sama sekali tidak aman. Tidak jelas apakah pelanggaran telah dilaporkan, sesuatu yang diperlukan berdasarkan Peraturan Perlindungan Data Umum Eropa.

Otoritas Perlindungan Data Swedia mengatakan kepada BBC bahwa jika laporan di media benar, mereka melihat insiden ini sebagai sangat serius karena melibatkan data pribadi yang sensitif tentang banyak orang untuk waktu yang lama. Mereka bermaksud melakukan pengawasan terhadap insiden ini.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Guardian NG