Layanan Berita Lokal Facebook Terkendala Minimnya Outlet Berita Lokal

Upaya Facebook untuk membangun layanan yang memberikan pengguna berita dan informasi lokal terhalang oleh kurangnya outlet di mana teknisi Facebook dapat menemukan laporan atau berita yang asli. Sekitar 1.800 surat kabar telah tutup di AS selama 15 tahun terakhir, menurut University of North Carolina. Jumlah tenaga kerja di ruang berita telah menurun sebesar 45% karena industri berita atau surat kabar berjuang dengan model bisnis yang rusak yang sebagian disebabkan oleh keberhasilan perusahaan di internet termasuk Facebook.

Layanan berita lokal Facebook yang disebut Today In diluncurkan tahun lalu dan tersedia di sekitar 400 kota di AS. Layanan ini mengumpulkan berita dari outlet lokal bersama dengan pemerintah dan kelompok masyarakat. Facebook menganggap komunitas tertentu tidak cocok untuk Today In jika mereka tidak dapat menemukan satu hari dalam sebulan dengan setidaknya lima item berita tersedia untuk dibagikan.

Akan tetapi raksasa media sosial tersebut mengatakan telah menemukan bahwa 40% orang Amerika tinggal di tempat-tempat di mana tidak ada cukup berita lokal untuk mendukungnya. Facebook mengumumkan bahwa pihaknya akan membagikan penelitiannya dengan para akademisi di Duke, Harvard, Minnesota dan North Carolina yang sedang mempelajari luasnya ladang berita yang diciptakan oleh penutupan surat kabar dan pengurangan staf.

Facebook berencana untuk memberikan 100 hibah, mulai dari 5.000 dollar AS hingga 25.000 dollar AS kepada orang-orang dengan ide untuk membuat lebih banyak berita tersedia. Hibah tersebut merupakan bagian dari hibah 300 juta dollar AS yang diumumkan pada bulan Januari untuk membantu program dan kemitraan yang dirancang untuk meningkatkan berita lokal. Facebook mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk meluncurkan upaya pengumpulan berita sendiri.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Telegraph