Lima Cara untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone

Smartphone kini menjadi sesuatu yang harus ada pada setiap orang. Ada kecenderungan banyak orang mengalami kecanduan smartphone. Hal ini bisa dibuktikan ketika bangun pagi hari, orang cenderung mengambil terlebih dahulu smartphone mereka. Bahkan ada yang membawa tidur smartphone tersebut.

Hal ini tentu tidak sehat. Kita harus bisa mengurangi penggunaan smartphone agar tidak tergantung kepadanya. Pertanyaannya, bagaimana caranya mengurangi penggunaan smartphone?

Jauhkan ponsel dari kamar tidur

Banyak dari kita menggunakan telepon kita sebagai jam alarm, artinya itu adalah hal terakhir yang kita lihat di malam hari dan hal pertama yang kita lihat di pagi hari, bahkan mungkin sebelum mata kita terbuka sepenuhnya. Sebuah studi 2017 menemukan bahwa penggunaan media sosial dalam 30 menit sebelum tidur secara independen terkait dengan gangguan tidur di kalangan orang dewasa muda. Jadi, isi daya ponsel Anda di tempat lain selain dari kamar tidur dan beli jam alarm biasa. Jangan gunakan smartphone sebagai alarm.

Kontrol notifikasi

Jika berhasil meletakkan ponsel (tidak menggunakannya untuk beberapa saat), kemungkinan ponsel akan berdengung dalam beberapa detik, memohon untuk mengangkatnya lagi. Untuk menghindari hal ini, luangkan waktu untuk melakukan pengaturan notifikasi. Centre for Humane Technology (CHT), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh mantan manajer produk Google Tristan Harris untuk membantu orang-orang hidup lebih real dengan perangkat mereka, merekomendasikan menonaktifkan semua notifikasi yang tidak dikirim oleh orang lain. Misalnya notifikasi foto di-LIKE di Facebook seharusnya tidak muncul di notifikasi.

Batasi waktu layar secara aktif

Versi terbaru Android dan iOS, dua sistem operasi seluler paling populer, memiliki fitur yang melacak waktu layar pengguna, menawarkan laporan mingguan tentang seberapa sering pengguna mengangkat telepon, berapa jam menggunakannya untuk setiap hari dan aplikasi mana yang yang paling sering digunakan. Namun,  alih-alih hanya membaca laporan, ambillah pendekatan proaktif, yaitu nyalakan batas untuk aplikasi yang ingin dihentikan, misalnya dengan membatasi Twitter menjadi satu jam sehari.

Buat layar menjadi abu-abu

Membuat layar smartphone menjadi abu-abu memastikan bahwa kehidupan nyata selalu menjadi pilihan yang lebih jelas. Cara ini adalah rekomendasi Tristan Harris karena hal itu meredam perancang antarmuka smartphone yang membuat pengguna kembali lagi memegang smartphone. Dengan layar yang berwarna abu-abu smartphone menjadi tidak menarik sehingga pengguna bisa menjauhinya.

Praktik intensionalitas

Tidak semuanya memiliki solusi teknologi. Tanyakan pada diri sendiri sebelum mengangkat telepon, “Mengapa saya melakukan ini? Perlu kesadaran dari diri sendiri untuk mempertanyakan terlebih dahulu mengapa suatu tugas tertentu dilakukan di smartphone. Perlu kesadaran bahwa smartphone bukan segalanya.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The New Web