China Pertimbangkan Pelarangan Penambangan Bitcoin

Penambangan Bitcoin kemungkinan masuk ke dalamdaftar kegiatan yang menghadapi larangan di China. Pemberitahuan tentang kemungkinan pelarangan yang dipublikasikan secara online oleh badan perencanaan ekonomi negara itu menambahkan bahwa aktivitas penambangan mata uang virtual [termasuk] proses produksi Bitcoin masuk ke daftar dalam industri yang dapat ditutup. Penyebabnya adalah bahwa daya yang dikonsumsi oleh industri berkontribusi terhadap polusi dan sumber daya limbah.

Untuk memperoleh masukan, publik Tiongkok telah diundang untuk memberikan komentar hingga 7 Mei. Namun, Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional belum mengatakan kapan pelarangan yang diusulkan akan diberlakukan.

Penambangan Bitcoin melibatkan pelaksanaan tugas-tugas yang intensif prosesor komputer untuk menyelesaikan masalah matematika yang rumit untuk memverifikasi transaksi cryptocurrency. Sebagai insentif untuk keikutsertaan tersebut, pemilik peralatan yang pertama kali memecahkan teka-teki dihadiahi dengan sekumpulan bitcoin yang baru dibuat.

Kompleksitas tugas disesuaikan untuk memastikan setiap blok transaksi diproses secara teratur, rata-rata setiap 10 menit sekali. Akibatnya, semakin banyak komputer yang bersaing, semakin sulit teka-teki dibuat, yang pada gilirannya berarti jumlah listrik yang lebih besar diperlukan untuk menyalakannya.

Beberapa operasi penambangan cryptocurrency terbesar di dunia   berbasis di China. Kekhawatiran tentang industri ini sebelumnya telah diangkat di media yang dikontrol negara. Kantor berita Xinhua melaporkan pada bulan Oktober tentang sebuah studi yang mengkaitkan emisi karbon dioksida dengan pemanasan global dan meningkatkan suhu dua derajat Celcius pada tahun 2033.

Layanan berita tersebut juga melaporkan ratusan komputer pertambangan disita oleh pihak berwenang menyusul klaim bahwa mereka bertanggung jawab atas konsumsi listrik yang tidak normal dan mengancam kelancaran jaringan listrik lokal. Tahun lalu, salah satu regulator negara China meminta pemerintah daerah untuk mengarahkan perusahaan pertambangan bitcoin agar keluar secara dari pasar.

Regulator Tiongkok juga telah mengambil tindakan lain terhadap industri, menutup pertukaran Bitcoin dan melarang penawaran koin awal (ICO) sebagai bagian dari tindakan keras mata uang digital pada tahun 2017.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Guardian NG