Jutaan Orang Pakai Password “QWERTY” dan Nama Superhero

Survei GCHQ menemukan jutaan orang menggunakan kata sandi yang paling mudah, termasuk qwerty’ dan nama pahlawan super, seperti Superman.

Penjahat dunia maya menggunakan penipuan yang semakin licik untuk menipu pengguna internet agar mengungkapkan informasi online yang berharga. Namun jutaan orang telah menyelamatkan penipu dari repot-repot menyebarkan tipu daya dan godaan tersebut dengan memilih kata sandi sederhana yang muncul di daftar password keamanan online baru. Salah satu password yang populer tersebut adalah password itu sendiri.

Review komprehensif dari National Cyber Security Centre Inggris mengungkapkan bahwa password sederhana tersebut telah memungkinkan penipu untuk mendapatkan akses ke 3,6 juta akun di seluruh dunia Namun, jumlah tersebut masih kalah jauh dari kata sandi yang paling umum untuk memberi para penipu akses mudah. Password paling umun yang digunakan oleh 23,2 juta orang pengguna adalah “123456”. Sebanyak 3,8 juta pengguna lainnya ketahuan menggunakan “qwerty”, yang merupakan enam huruf pertama di kiri atas keyboard standar.

Penyimpangan yang mengkhawatirkan dalam keamanan online muncul dalam tinjauan terhadap 100.000 kata sandi teratas yang akan dibuka oleh penipu online yang dilakukan oleh NCSC bagian dari badan intelijen GCHQ. Banyak orang yang menggunakan nama favorit, tim sepak bola, band, dan karakter fiksi.

Data tentang kata sandi yang dikompromikan diperoleh dari pelanggaran global yang sudah ada dalam domain publik, telah dijual atau dibagikan oleh peretas. Nama favorit, tim olah raga, dan musisi juga muncul ratusan ribu kali di antara kata sandi yang diretas.

Sebanyak 432.276 akun menggunakan nama “ashley”, sementara “michael” digunakan 425.291 kali. Penggemar sepakbola juga membiarkan cinta mereka untuk klub mereka menurunkan pertahanan mereka. Kata sandi “liverpool” dilanggar 280.723 kali, “chelsea” 216.677 kali dan “arsenal” 179.095 kali.

Band adalah titik lemah lainnya. Sebanyak 285.706 orang telah dilanggar karena menggunakan kata sandi blink182, sedangkan untuk karakter komik, “superman” adalah yang paling populer, dengan 333.139 akun yang diretas.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: EWN News