Media Sosial Didesak untuk Menonaktifkan Fitur LIKE untuk Pengguna Anak-anak

Panduan yang diusulkan untuk meningkatkan keamanan internet anak di Inggris menyarankan Facebook dan perusahaan media sosial lainnya harus memperingatkan anak-anak jika orangtua atau wali mereka memantau aktivitas online mereka.  Kantor Komisaris Informasi Inggris juga mendesak Facebook dan media sosial lainnya untuk mematikan fungsi LIKE dan membatasi pengumpulan data dan alat geolokasi pada platform populer, seperti Instagram dan Facebook.

Rekomendasi lain di bawah kode praktik yang diusulkan ICO untuk perusahaan internet,, yaitu platform akan bertanggung jawab untuk menegakkan, termasuk:

  1. Membatasi bagaimana data pribadi anak-anak dikumpulkan, digunakan, dan dibagikan oleh perusahaan media sosial.
  2. Menjadikan privasi tinggi sebagai pengaturan default untuk anak-anak yang menggunakan platform media sosial, termasuk menonaktifkan alat geolokasi dan iklan bertarget sebagai standar, kecuali ada alasan kuat untuk tidak melakukannya.
  3. Mewajibkan perusahaan media sosial untuk menunjukkan bahwa semua staf yang terlibat dalam desain dan pengembangan layanan kemungkinan akan digunakan oleh anak-anak mematuhi kode praktik.
  4. Memperkenalkan pemeriksaan usia yang kuat pada platform atau memperlakukan semua pengguna seolah-olah mereka anak-anak.

Perusahaan yang tidak berpegang teguh pada kode dapat menghadapi denda hingga 4% dari omset global mereka atau sekitar 1,6 miliar dollar AS untuk Facebook. Konsultasi akan berlangsung hingga akhir Mei, dan versi terakhir dari kode praktik, disebut-sebut sebagai standar internasional baru, diharapkan mulai berlaku pada tahun 2020.

Elizabeth Denham, komisaris informasi, Inggris mengatakan bahwa saat ini adalah saat munculnya generasi yang terhubung. Internet dan semua keajaibannya tertanam dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ia menambahkan bahwa tidak harus mencegah anak-anak untuk dapat menggunakannya, tetapi harus menuntut agar mereka dilindungi ketika mereka melakukannya. Kodeetik yang disusun tersebut berusahan untuk memastikan hal tersebut.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Telegraph