WHO: Tidak Ada Waktu di Layar untuk Anak di bawah 5 Tahun

Dalam seperangkat pedoman baru, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan bahwa bayi di bawah 1 tahun tidak boleh terpapar layar elektronik dan anak-anak yang berusia antara usia 2 hingga 4 tahun tidak boleh memiliki lebih dari satu jam waktu layar tidak bergerak setiap hari. Menurut WHO dengan membatasi dan dalam beberapa kasus menghilangkan, waktu di layar untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun akan menghasilkan orang dewasa yang lebih sehat.

Akan tetapi, WHO mengatakan menjauhkan anak dari  iPad dan perangkat elektronik lainnya hanya sebagian dari solusi.. Anak-anak di bawah usia 5 tahun juga harus lebih banyak berolahraga dan tidur untuk mengembangkan kebiasaan yang lebih baik yang akan mencegah obesitas dan penyakit pada masa remaja dan dewasa.

Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal W.H.O mengatakan bahwa mencapai tingkat kesehatan untuk semua berarti melakukan yang terbaik untuk kesehatan sejak awal kehidupan manusia. Anak usia dini adalah periode perkembangan yang cepat dan masa ketika pola gaya hidup keluarga dapat disesuaikan untuk mendorong peningkatan kesehatan.

Pada tahun 2016, American Academy of Pediatrics mengeluarkan pedoman yang merekomendasikan tidak ada waktu layar selain video chatting untuk anak di bawah usia 18 bulan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk memperkenalkan hanya programan berkualitas tinggi untuk anak-anak berusia 18 hingga 24 bulan, dan menyarankan agar orangtua dan pengasuh menonton program bersama mereka. Anak-anak antara usia 2 hingga 5 tahun harus menonton program yang disetujui hanya satu jam per hari.

David Hill, seorang dokter anak yang memimpin sebuah kelompok yang menulis pedoman A.A.P. 2016, mengatakan tidak ada manfaat yang diketahui dari media layar untuk anak-anak di bawah usia 18 bulan. Namun dia menambahkan bahwa teknologi berkembang lebih cepat daripada studi ilmiah tentang efek perangkat baru terhadap otak yang masih muda.

Sumber: The York Times

Sumber Foto: The Telegraph