YouTube akan Beri Label Video untuk Menghindari Berita Palsu

Google telah meluncurkan beberapa alat baru dalam upaya melawan informasi yang keliru tentang pemilihan umum yang akan datang di Eropa. Sebagian besar upaya tersebut difokuskan pada YouTube, di mana Google akan meluncurkan label transparansi penerbit di Eropa, menunjukkan sumber berita yang menerima dana pemerintah atau publik. Program tersebut diluncurkan di AS pada bulan Februari, tetapi belum tiba di Uni Eropa. Menurut Google tujuan mereka adalah membekali pengguna dengan lebih banyak informasi untuk membantu pengguna lebih memahami sumber konten berita yang dipilih untuk ditonton di YouTube.

Selain itu, YouTube akan memberikan sorotan sumber-sumber seperti BBC News atau FranceInfo di bagian Top News atau Breaking News di lebih banyak negara Eropa sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan berita yang diverifikasi. Fitur-fitur tersebut sudah tersedia di UE di Inggris, Prancis, Jerman dan negara-negara lain, tetapi Google berencana untuk membawanya ke negara lain dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.”

YouTube telah berjuang untuk mengontrol berita palsu yang muncul di bagian tren dan lainnya. Tahun lalu, misalnya, video di tren teratas mengklaim seorang siswa Marjory Stoneman Douglas adalah aktor bayaran. Dengan pemilihan Uni Eropa yang krusial segera datang, Google kemungkinan berharap untuk mengatasi masalah tersebut sejak awal, jangan sampai menghadapi kemarahan lebih lanjut dari regulator.

Untuk itu, Google juga meluncurkan bagian khusus di Google News yang disebut 2019 European elections untuk memberikan jurnalisme hebat pada topik-topik pemilihan seperti Brexit, partai-partai ekstrim kanan, pajak gas, dan banyak lagi. Google Trends juga akan memunculkan pertanyaan dan kandidat yang banyak dicari, mendukung berita yang didorong data dan mengungkap fakta yang relevan tentang pemilihan. Selain itu juga membawa alat dan dukungan untuk organisasi pengecekan fakta dan menawarkan kursus pelatihan verifikasi baru.

Sumber: Google via Engadget

Sumber Foto: YouTube