Apple dan Google Hapus Tiga Aplikasi Kencan

Komisi Perdagangan Federal (FTC) AS pada hari Senin yang lalu mengatakan bahwa Apple dan Google telah menghapus tiga aplikasi kencan dari masing-masing toko aplikasi mereka setelah FTC menemukan ketiga aplikasi tersebut mengizinkan anak-anak di bawah usia 13 tahun untuk mendaftar, mengumpulkan data tentang mereka yang kemungkinan melanggar hukum federal, dan dapat memungkinkan predator seksual untuk menghubungi anak-anak.

FTC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketiga aplikasi tersebut, yaitu Meet24, FastMeet, dan Meet4U, dioperasikan oleh perusahaan Ukraina bernama Wildec LLC dan tampaknya melanggar Undang-Undang Perlindungan Privasi Daring Anak-anak (COPPA) serta Undang-Undang FTC. (Undang-undang pertama melarang perusahaan mengumpulkan data tentang anak-anak di bawah usia 13 tahun tanpa persetujuan yang jelas dari wali yang sah, sementara yang kedua melarang praktik tidak adil yang cenderung menyebabkan cedera konsumen yang substansial.)

FTCmenuduh bahwa aplikasi Wildec mengumpulkan tanggal lahir pengguna, alamat email, foto, dan data lokasi real time, tetapi tidak mengambil tindakan untuk memblokir atau menghapus pengguna yang mencantumkan usia mereka di bawah 13 tahun meskipun mengatakan mereka menyatakannya di kebijakan privasi.

Hal yang mengkhawatirkan adalah FTC juga memperingatkan bahwa laporan mengindikasikan bahwa beberapa orang menghadapi tuntutan karena menggunakan aplikasi untuk menghubungi atau berupaya menghubungi anak-anak, dan Wildec tampaknya mengetahui hal ini.

Surat dari FTC juga mencatat bahwa Wildec mengizinkan pengguna dewasa untuk berkomunikasi dengan anak-anak sehingga menimbulkan risiko kesehatan dan keselamatan yang serius. Beberapa orang dilaporkan menghadapi dakwaan pidana karena diduga menghubungi atau mencoba menghubungi anak di bawah umur menggunakan aplikasi Wildec.

Sumber: Gizmodo

Sumber Foto: The New Media