Google Hapus Web Tracking History secara Otomatis

Google akan menawarkan kepada penggunanya opsi untuk secara otomatis menghapus pencarian dan riwayat lokasi mereka setelah tiga bulan. Raksasa pencarian Google sebelumnya sudah memungkinkan pengguna untuk menghapus data yang dikumpulkannya secara manual saat mereka menggunakan produknya seperti YouTube, Maps, dan Search.

Sekarang, dalam upaya untuk menawarkan kontrol lebih besar atas data pribadi, mereka akan menawarkan opsi penghapusan otomatis setelah tiga atau 18 bulan. Google mengatakan alat baru tersebut akan muncul dalam beberapa minggu mendatang.

Raksasa pencarian Google telah menghadapi pengawasan atas data pribadi yang dikumpulkannya. Pada bulan November, ia dituduh melacak ke mana pun orang pergi bahkan ketika mereka telah mematikan riwayat lokasi. Awal bulan ini, yang mengejutkan banyak orang, Google mengatakan reviewer manusia terkadang mendengarkan rekaman suara dari speaker Home dan aplikasi Asistennya.

Saat ini, riwayat web Google dan pelacakan lokasi dapat dihentikan untuk sementara di halaman pengaturan untuk setiap akun. Tetapi dalam beberapa minggu mendatang akan menawarkan opsi untuk menghapus data ini secara otomatis ketika sudah lebih dari beberapa bulan. Namun, Google tidak akan menawarkan penghapusan otomatis riwayat tontonan YouTube atau perintah suara yang dikeluarkan melalui Home speaker dan Asisten.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Google