Instagram Blokir Tagar Hoax tentang Vaksin

Instagram mengatakan akan memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan informasi yang benar-benar salah tentang vaksinasi. Jejaring sosial tersebut telah memblokir tagar yang merupakan klaim palsu, seperti #vaccinescauseautism. Instagram sekarang akan memblokir tagar yang lebih umum yang digunakan untuk menyebarkan kebohongan oleh kelompok anti-vaxxers.

Namun, beberapa topik dan akun anti-vaksin yang menyebarkan informasi yang salah dan tipuan masih aktif di Instagram. Instagram mengatakan kepada BBC bahwa mereka tidak akan mengambil tindakan terhadap orang atau akun yang mengidentifikasi diri mereka sebagai anti-vaxxers.

Namun, mereka akan bekerja untuk membatasi penyebaran klaim yang terbukti salah karena ini memiliki efek berbahaya dunia nyata pada publik. Dikatakan pihaknya mengandalkan otoritas global seperti Organisasi Kesehatan Dunia dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk mengidentifikasi hoax terkait vaksin.

Klaim palsu seperti #vaccinescauseaids dan #vaccinesarepoison sudah dilarang dan tidak mengembalikan hasil pencarian di Instagram. Tetapi platform tersebut sekarang akan mulai memblokir tagar yang digunakan untuk menyebarkan informasi yang salah tentang vaksin. Sebagai contoh, jika tagar #Vaccines1234 mulai digunakan pada klaim palsu  juga akan diblokir.

Topik seperti itu akan sulit bagi diawasi. Akun anti-vaksinasi tidak akan dilarang, dan tagar baru seperti #vaccineskillandmaim muncul ketika yang lama diblokir. Bahkan tagar netral atau pro-vaksin seperti #vaccines atau #vaccineswork dikooptasi oleh anti-vaxxers untuk menyebarkan klaim palsu.

Instagram juga memikirkan untuk menunjukkan pesan pop-up berupa edukasi kepada orang-orang yang mencari-cari hoax terkait vaksin. Instagram sudah menunjukkan pesan pop-up kepada orang yang mencari obat atau menelusuri topik yang membahayakan diri sendiri.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pandangan anti-vaksin beradap dalam daftar 10 ancaman kesehatan global pada 2019.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Instagram