Lagi, Facebook Musnahkan 3 Miliar Akun Palsu

Facebook telah menerbitkan laporan penegakan hukum terbarunya yang merinci berapa banyak pos dan akun yang diambil tindakannya antara Oktober 2018 dan Maret 2019. Selama periode enam bulan tersebut, Facebook menghapus lebih dari tiga miliar akun palsu. Jumlah ini lebih dari jumlah yang sebelumnya. Lebih dari tujuh juta posting pidato kebencian telah dihapus. Jumlah ini juga merupakan rekor tertinggi.

Untuk pertama kalinya, Facebook juga melaporkan berapa banyak postingan yang dihapus dan melakukan banding, dan berapa banyak yang dikembalikan online setelah diperiksa kembali. Dalam konferensi pers pada hari Kamis, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menjawab banyak seruan untuk memecah Facebook. Ia tidak berpikir bahwak memecah perusahaan akan mengatasi masalah.

Facebook mengatakan kenaikan jumlah akun palsu yang dihapus adalah karena aktor jahat menggunakan metode otomatis untuk membuat jumlah besar dari mereka. Akan tetapi dikatakan bahwa mereka melihat dan menghapus sebagian besar dari mereka dalam hitungan menit, sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyebabkan kerusakan.

Facebook sekarang juga akan melaporkan berapa pos yang dihapus karena menjual barang yang diatur penjualannya, seperti obat-obatan dan senjata. Dikatakan pihaknya mengambil tindakan terhadap lebih dari satu juta pos yang menjual senjata dalam periode enam bulan yang dicakup oleh laporan tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The New Media