Penelitian: Efek Media Sosial terhadap Remaja “Sangat Sedikit”

Sebuah penelitian terhadap 12.000 remaja Inggris menunjukkan bahwa efek penggunaan media sosial pada kepuasan hidup remaja terbatas dan mungkin sangat kecil. Tim peneliti University of Oxford mengatakan bahwa keluarga, teman, dan kehidupan sekolah semuanya memiliki dampak yang lebih besar pada kesejahteraan mereka.  Para peneliti mengklaim penelitian mereka lebih mendalam dan kuat dari yang ada sebelumnya. Mereka pun mendesak perusahaan untuk merilis data tentang bagaimana orang menggunakan media sosial untuk memahami lebih lanjut tentang dampak teknologi pada kehidupan anak muda.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PNAS, mencoba menjawab pertanyaan apakah remaja yang menggunakan media sosial lebih dari rata-rata memiliki kepuasan hidup yang lebih rendah, atau apakah remaja dengan kepuasan hidup yang lebih rendah menggunakan lebih banyak media sosial. Penelitian sebelumnya tentang hubungan antara layar, teknologi, dan kesehatan mental anak-anak sering bertentangan.

Profesor Andrew Przybylski dan Amy Orben, dari Oxford Internet Institute di University of Oxford, mengatakan bahwa penelitian tersebut seringkali didasarkan pada bukti terbatas yang tidak memberikan gambaran lengkap. Studi mereka menyimpulkan bahwa sebagian besar hubungan antara kepuasan hidup dan penggunaan media sosial adalah hal yang sepele, yaiyu terhitung kurang dari 1% dari kesejahteraan remaja dan bahwa efek media sosial adalah bukan jalan satu arah.

Prof Przybylski, direktur penelitian di institut tersebut, mengatakan bahwa 99,75% dari kepuasan hidup seseorang tidak ada hubungannya dengan penggunaan media sosial mereka. Penelitian, yang berlangsung antara 2009 dan 2017, meminta ribuan anak berusia 10 hingga 15 tahun untuk mengatakan berapa lama mereka menghabiskan menggunakan media sosial pada hari sekolah normal dan juga menilai seberapa puas mereka dengan berbagai aspek kehidupan.

Para peneliti mengatakan sekarang penting untuk mengidentifikasi anak muda yang berisiko lebih besar dari efek tertentu dari media sosial, dan mencari tahu faktor-faktor lain yang berdampak pada kesejahteraan mereka. Mereka berencana untuk bertemu perusahaan media sosial segera untuk membahas bagaimana mereka dapat bekerja bersama untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana orang menggunakan aplikasi, bukan hanya waktu yang dihabiskan untuk mereka.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Telegraph