Walmart Gunakan Kamera AI untuk Mengenali Pencuri

Raksasa supermarket AS, Walmart, telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya menggunakan kamera pengenal gambar saat checkout untuk mendeteksi pencurian. Kamera tersebut akan mengidentifikasi kapan barang dimasukkan ke dalam tas belanja tanpa terlebih dahulu dipindai oleh kasir atau di kasir swalayan.

Walmart mengatakan bahwa mereka menggunakan teknologi tersebut di lebih dari 1.000 toko. Mereka mengatakan bahwa telah melakukan investasi untuk memastikan keamanan pelanggan dan rekanan.

Skema ini disebut Missed Scan Detection by Walmart, menggunakan teknologi yang dipasok oleh perusahaan Irlandia Everseen. Kamera akan melacak item daripada orang. Jika suatu barang terlihat dimasukkan ke dalam kantong belanja sebelum dipindai di kasir, sistem dapat memanggil karyawan untuk membantu.

Walmart mengatakan penyusutan kehilangan produk karena pencurian atau kesalahan telah menurun sejak teknologi telah digunakan. Asda, yang dimiliki oleh Walmart, dan supermarket Inggris Sainsbury’s mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan kamera pengenal gambar di toko mereka.

Sumber: BBC

Sumber Foto: New Media