Australia Dirikan Kantor Khusus untuk Mengawasi Algoritma Facebook dan Google

Regulator Australia berencana untuk meluncurkan kantor pertama di dunia yang didedikasikan untuk meneliti algoritma yang digunakan oleh raksasa teknologi seperti Facebook dan Google. Idenya adalah untuk mengungkap bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut mencocokkan iklan dengan pengguna.
Divisi baru khusus dari Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) akan melaksanakan pekerjaan tersebut.

Pengumuman tersebut datang hanya beberapa hari setelah otoritas AS mengumumkan rencana terpisah untuk menyelidiki raksasa teknologi. Australian treasurer Josh Frydenberg mengatakan bahwa perusahaan seperti facebook dan Google termasuk yang paling kuat dan bernilai di dunia. Mereka perlu dimintai pertanggungjawaban dan kegiatan mereka harus lebih transparan.

Dia mengatakan sudah saatnya orang memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana algoritma raksasa teknologi bekerja. Biasanya, spesifikasi algoritma atau perhitungan yang digunakan oleh komputer untuk mengambil keputusan dijaga kerahasiaannya. Para peneliti, di masa lalu, mengklaim bahwa algoritma Google, misalnya, sengaja memprioritaskan iklannya sendiri dalam hasil pencarian.

Cabang ACCC yang baru hanyalah satu rekomendasi dalam laporan terbaru dari Australian Competition and Consumer Commission (ACCC). Komisi ini juga menganjurkan penguatan undang-undang privasi dan menetapkan kode perilaku untuk membatasi bagaimana perusahaan teknologi mendapat keuntungan dari konten pengguna.

Proses konsultasi 12 minggu mengenai proposal sekarang sedang berlangsung, setelah itu pemerintah Australia dapat menindaklanjutinya. Ketua ACCC Rod Sims mengatakan regulator saat ini menjalankan lima investigasi terpisah terhadap Facebook dan Google.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The New Media