Kontaktor Apple Inc. Dengarkan Rekaman Siri

Kontraktor Apple Inc. secara teratur mendengar informasi medis rahasia, transaksi narkoba, dan rekaman pasangan yang berhubungan seks, sebagai bagian dari pekerjaan mereka untuk memberikan kontrol kualitas atau penilaian terhadap asisten suara Siri, Apple.

Meskipun Apple tidak secara eksplisit mengungkapkannya dalam dokumentasi privasi yang dihadapi konsumen, sebagian kecil rekaman Siri diteruskan ke kontraktor yang bekerja untuk perusahaan di seluruh dunia. Mereka ditugasi untuk menilai respons pada berbagai faktor, termasuk apakah aktivasi asisten suara disengaja atau tidak, apakah pertanyaan itu sesuatu yang diharapkan dapat dibantu oleh Siri dan apakah respons Siri sesuai atau tidak.

Apple mengatakan data digunakan untuk membantu Siri dan untuk memahami pengguna lebih baik dan mengenali apa yang dikatakan. Namun Apple tidak secara eksplisit menyatakan bahwa pekerjaan tersebut dilakukan oleh manusia yang mendengarkan rekaman pseudonim.

Apple mengatakan bahwa sebagian kecil dari permintaan Siri dianalisis untuk meningkatkan Siri dan pendiktean. Permintaan pengguna ke Siri tidak terkait dengan ID Apple pengguna. Respons Siri dianalisis dalam fasilitas yang aman dan semua pengulas memiliki kewajiban untuk mematuhi persyaratan kerahasiaan ketat Apple. Perusahaan menambahkan bahwa subset acak yang sangat kecil, kurang dari 1% dari aktivasi Siri harian, digunakan untuk penilaian dan yang digunakan biasanya hanya beberapa detik.

Seorang pengungkap fakta yang bekerja untuk Apple yang meminta untuk tetap anonim karena kekhawatiran akan pekerjaan mereka, menyatakan keprihatinan tentang kurangnya pengungkapan terhadap hal tersebut, terutama mengingat frekuensi di mana aktivasi yang tidak disengaja mengambil informasi pribadi yang sangat sensitif.

Siri dapat diaktifkan secara tidak sengaja ketika salah mendengar kata “wake word”berupa frasa “hey Siri”. Kesalahan tersebut bisa dimengerti. Layanan ini juga dapat diaktifkan dengan cara lain. Misalnya, jika Apple Watch mendeteksinya telah dinaikkan dan kemudian mendengar ucapan, Siri secara otomatis diaktifkan.

Ada banyak contoh rekaman yang menampilkan diskusi pribadi antara dokter dan pasien, kesepakatan bisnis, transaksi kriminal, perjumpaan seksual, dan sebagainya. Rekaman ini disertai dengan data pengguna yang menunjukkan lokasi, detail kontak, dan data aplikasi.

Informasi yang menyertainya dapat digunakan untuk memverifikasi apakah suatu permintaan berhasil ditangani. Dalam dokumen privasinya, Apple mengatakan data Siri tidak terkait dengan data lain yang mungkin dimiliki Apple dari penggunaan pengguna atas layanan Apple lainnya. Tidak ada nama atau pengenal spesifik yang dilampirkan pada rekaman dan tidak ada rekaman individu yang dapat dengan mudah dihubungkan ke rekaman lain.

Aktivasi yang tidak disengaja menyebabkan penerimaan data paling sensitif yang dikirim ke Apple. Meskipun Siri termasuk dalam sebagian besar perangkat Apple, kontraktor tersebut menyoroti Apple Watch dan speaker pintar HomePod perusahaan sebagai sumber rekaman kesalahan yang paling sering.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: Apple