Pengguna TikTok Dieksploitasi untuk Memberikan Hadiah

Aplikasi berbagi video TikTok mengatakan menyesal karena beberapa anak dan orang muda lainnya merasa ditekan untuk mengirim uang ke influencer favorit mereka yang ada di aplikasi TikTok. TikTok memungkinkan penggemar mengirim pembuat video hadiah digital favorit mereka, yang dapat berharga hingga 48,99 pound.

Investigasi BBC menemukan influencer menjanjikan untuk membagikan nomor telepon mereka dengan penggemar sebagai imbalan hadiah. TikTok mengatakan akan memperkuat kebijakan dan pedomannya, tetapi tidak menjelaskan bagaimana tepatnya.

Claire (bukan nama sebenarnya) mengatakan kepada BBC News bahwa dia menyesal menghabiskan 100 pound untuk mendapatkan nomor telepon bintang TikTok favoritnya dan ternyata bintang tersebut tidak pernah menjawab panggilan teleponnya. Claire yang baru berusia 12 tahun yang tinggal di barat laut Inggris, mengirimi bintang TikTok Sebastian Moy hadiah drama queen seharga 48,99 untuk menunjukkan penghargaannya pada videonya. Pembuat video yang berbasis di AS tersebut memiliki 3,8 juta penggemar di TikTok dan belum melanggar salah satu aturan aplikasi.

TikTok adalah aplikasi media sosial yang tumbuh paling cepat, dengan sekitar 500 juta pengguna biasa, meskipun perusahaan tidak mengungkapkan basis penggunaannya. Diperkirakan telah diunduh lebih dari satu miliar di toko aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan orang memposting video 15 detik. Aplikasi ini terkenal untuk klip lip-syncing remaja dan menari dengan musik trending terbaru.

Perusahaan mengatakan ini paling populer untuk anak berusia 16 hingga 24 tahun, tetapi ada bukti bahwa banyak pengguna berusia di bawah 13 tahun, yang bertentangan dengan aturan aplikasi.

TikTok sebelumnya telah didenda 5,7 juta dollar AS oleh regulator AS setelah dituduh mengumpulkan informasi pribadi anak di bawah 13 tahun tanpa persetujuan orangtua mereka. Komisioner Informasi Inggris mengungkapkan bahwa mereka juga sedang meluncurkan penyelidikan tentang apakah aplikasi itu cukup melakukan usaha untuk melindungi penggunanya yang termuda.

Pembuat video dengan lebih dari 1.000 pengikut diizinkan untuk menyiarkan langsung di platform. Selama live stream inilah penggemar dapat mengirim hadiah digital untuk menunjukkan penghargaan mereka. Hadiah muncul sebagai animasi di layar dengan harga antara  5 pound hingga 48,99 pound. Bintang terbesar aplikasi ini dapat menghasilkan ribuan pound dalam satu streaming langsung.

TikTok menolak mengatakan seberapa banyak uang yang mereka ambil dari hadiah tersebut, tetapi beberapa influencer mengatakan bahwa mereka membawa pulang 50% dari semua pendapatan hadiah yang didapat.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Liputan6