Penggunaan Ponsel Berlebihan pada Mahasiswa Terkait dengan Kebiasaan Minum dan Lebih Banyak Pasangan Seks

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan ponsel terlalu sering atau berlebihan dapat dikaitkan dengan nilai yang lebih rendah, masalah minum (alkohol) dan lebih banyak pasangan seksual.

Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 3.400 orang yang mengambil gelar di AS, mereka yang mengatakan memiliki masalah dengan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk ponsel mereka juga melaporkan memiliki lebih banyak pasangan seksual. Mereka juga lebih mungkin melaporkan kecemasan atau depresi. Seorang psikiater mengatakan temuan tersebut mengkhawatirkan.

Para peneliti dari University of Chicago, University of Cambridge, dan University of Minnesota mengembangkan sebuah survei yang disebut Health and Addictive Behaviours Survey. Tujuannya adalah untuk menilai kesehatan mental dan kesejahteraan di kalangan mahasiswa dan untuk melihat apa dampak ponsel pada mereka.

Untuk memastikan apakah penggunaan ponsel berlebihan, siswa ditanya berbagai pertanyaan, termasuk:

  1. Apakah teman atau saudara mengeluh tentang penggunaan ponsel yang berlebihan?
  2. Apakah  memiliki masalah berkonsentrasi di kelas atau di tempat kerja karena penggunaan smartphone?
  3. Apakah Anda merasa resah atau tidak sabar tanpa smartphone Anda?
  4. Apakah Anda merasa jumlah waktu Anda dalam menggunakan smartphone bertambah?
  5. Apakah Anda kehilangan pekerjaan karena penggunaan smartphone?
  6. Apakah Anda mengalami konsekuensi fisik dari penggunaan yang berlebihan, seperti pusing atau penglihatan kabur?

Satu dari lima mahasiswa menjawab YA untuk cukup banyak pertanyaan yang dianggap berlebihan menggunakan ponsel mereka, dengan lebih dari 60% di antaranya adalah perempuan.

Studi ini menemukan bahwa proporsi mahasiswa yang melaporkan dua atau lebih pasangan seksual dalam 12 bulan terakhir secara signifikan lebih tinggi di antara mereka yang juga melaporkan terlalu sering menggunakan ponsel, yaitu 37,4% dibandingkan dengan 27,2% yang melaporkan tidak ada masalah penggunaan. Proporsi dengan enam atau lebih pasangan seksual lebih dari dua kali lipat di antara mereka yang mengatakan mereka menggunakan smartphone mereka secara berlebihan.

Para peneliti juga menemukan bahwa minum berlebihan secara signifikan lebih tinggi pada mereka yang melaporkan penggunaan ponsel cerdas yang bermasalah, dibandingkan dengan mereka yang merasa penggunaan ponsel mereka normal. Namun peneliti tidak menemukan hubungan signifikan dengan segala bentuk penyalahgunaan atau kecanduan narkoba.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Telegraph