Proyek Dragonfly Google di China Dihentikan

Seorang eksekutif Google mengonfirmasi bahwa rencana kontroversial Google untuk meluncurkan mesin pencari yang disensor di China telah dihentikan. Proyek ini dilaporkan telah berhenti tahun lalu, tetapi ada desas-desus bahwa proyek tersebut tetap aktif.

Eksekutif Google Karan Bhatia mengatakan kepada US Senate Judiciary Committee bahwa Google telah menghentikan Project Dragonfly. Komentar baru tersebut adalah konfirmasi publik pertama bahwa Dragonfly telah berakhir.

Seorang juru bicara Google kemudian mengkonfirmasi bahwa Google saat ini tidak memiliki rencana untuk memulai pencarian di China dan bahwa tidak ada pekerjaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Mesin pencari prototipe Google tersebut sebelumnya telah diberi label mengganggu oleh salah satu mantan karyawan Google. Dragonfly telah menarik kritik sebagai sarana potensial yang melaluinya pihak berwenang China dapat menyensor konten web dan memonitor perilaku warga secara online.

Pada akhir 2018, Google tampaknya enggan untuk mengkonfirmasi bahwa pengembangan mesin pencari telah sepenuhnya dihentikan, meskipun tekanan pada perusahaan semakin meningkat. Menurut dokumen yang diperoleh oleh situs investigasi Intercept, Dragonfly diluncurkan sebagai proyek perusahaan pada musim semi 2017.

Dokumen-dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa para insinyur Google pada satu titik bekerja pada cara untuk menyaring situs web termasuk BBC dan Wikipedia dari hasil pencarian, berdasarkan sensor web di China.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Reuters