Cloudflare Hapus Dukungan terhadap Forum Far Right 8chan

Forum web far right 8chan yang digunakan untuk merayakan penembakan massal dan menyebarkan apa yang disebut manifesto dipaksa offline setelah kehilangan perlindungan keamanan cyber-nya dari Cloudflare.

Cloudflare, sebuah perusahaan yang berbasis di San Francisco yang menyediakan keamanan tambahan untuk situs web untuk mencegah serangan cyber, mengatakan berhenti melindungi 8chan. Tersangka penembakan massal di El Paso, Texas yang berusia 21 tahun dipahami telah menggunakan 8chan untuk menyebarkan manifestonya. Sebelumnya, situs 8chan juga digunakan oleh tersangka dalam penembakan bulan Maret di Christchurch, Selandia Baru, serta tersangka dalam penembakan di sinagog bulan April di Poway, California.

Kehilangan perlindungan Cloudflare telah membuat 8chan rentan terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS), di mana sebuah situs web dibombardir dengan lalu lintas yang membanjiri servernya, menjadikannya tidak dapat diakses. Beberapa menit setelah layanan Cloudflare ditarik, 8chan memang menjadi tidak tersedia.

Namun, administrator situs 8chan mengatakan akan pindah ke perusahaan keamanan lain, BitMitigate, yang berbasis di negara bagian Washington, AS. Situs web BitMitigate mengatakan memiliki komitmen terbukti terhadap kebebasan. BitMitigate turun tangan untuk membantu situs neo-Nazi, Daily Stormer ketika kehilangan perlindungan Cloudflare pada 2017. Namun sejauh ini 8chan tetap masih offline.

Kepala eksekutif Cloudflare, Matthew Prince mengatakan, setelah penembakan hari Sabtu perusahaannya akan terus mendukung 8chan karena kebijakannya adalah tetap netral terhadap jenis konten yang dilindungi oleh layanan. Namun, pada hari Minggu malam Prince menulis dalam sebuah posting blog bahwa 8chan telah berulang-kali membuktikan dirinya sebagai tempat pembuangan limbah kebencian. Mereka telah membuktikan diri mereka tidak memiliki hukum dan bahwa pelanggaran hukum telah menyebabkan banyak kematian tragis, tulis Prince.

Prince memperingatkan meskipun untuk sementara 8chan akan terganggu oleh keputusan Cloudflare, 8chan kemungkinan akan dapat membangun kembali dirinya sendiri seperti halnya ketika Cloudflare berhenti memberikan perlindungan untuk Daily Stormer, sebuah situs neo-Nazi, pada 2017. Mereka dengan cepat kembali online menggunakan pesaing Cloudflare.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Cloudflare