eBay Tuntut Amazon

Pasar online eBay sekali lagi mengambil tindakan hukum terhadap Amazon. eBay mengklaim bahwa para manajer raksasa e-commerce Amazon mengarahkan karyawan mereka untuk secara aktif dan ilegal mengejar penjual di platform eBay untuk memikat mereka agar pindah ke Amazon sendiri.

Gugatan yang diajukan minggu ini di Pengadilan Distrik California Utara adalah perkembangan terbaru dalam pertempuran hukum yang sedang berlangsung antara kedua perusahaan. Pengajuan gugatan terbaru ini menuduh bahwa sekelompok manajer Amazon, termasuk tiga individu bernama, secara sadar melakukan konspirasi yang dirancang untuk menyusup dan mengeksploitasi sistem email anggota internal eBay dengan menggunakan penipuan dan kepura-puraan palsu, termasuk dengan mendorong karyawan Amazon serta penjual eBay untuk terlibat dalam perilaku yang dilarang oleh ketentuan layanan eBay.

Gugatan tersebut menuduh bahwa karyawan Amazon, baik di AS dan di luar negeri, ditugaskan oleh manajer mereka untuk menargetkan dan merekrut penjual bernilai tinggi dari eBay dengan membuat akun pengguna yang kemudian digunakan untuk menjangkau individu-individu tersebut. Akun yang diduga digunakan oleh perwakilan penjualan Amazon dibuat tanpa maksud untuk menggunakannya untuk menjalankan bisnis yang sah di platform eBay.

Perwakilan Amazon diberi kuota untuk merekrut penjual dan diharapkan untuk memuaskan sebagian besar kuota itu dengan menargetkan dan merekrut penjual eBay secara ilegal. Para yang digugat dan manajer Amazon lainnya mengarahkan dan mendorong perwakilan penjualan untuk menargetkan jenis penjual eBay tertentu yang dapat memasok barang-barang yang sedang tren atau mengisi lubang di petak penawaran produk Amazon. Para tergugat dan manajer Amazon lainnya menyediakan daftar lead untuk perwakilan yang diisi dengan penjual eBay untuk ditargetkan oleh para perwakilan.

eBay melarang pertukaran beberapa informasi antara pengguna di platform pengiriman pesannya, seperti informasi kontak pribadi sebelum penjualan selesai. eBay juga melarang penawaran untuk membeli atau menjual eBay atau pertukaran informasi dengan maksud untuk melakukannya. Sebagai bukti bahwa dugaan perilaku tersebut dilakukan dengan sepengetahuan bahwa hal itu melanggar peraturan eBay, gugatan tersebut mengklaim bahwa karyawan Amazon dilatih  untuk menggunakan teknik khusus untuk menyiasati alat deteksi pelanggaran eBay.

Gugatan minggu ini adalah yang kedua terhadap Amazon dari eBay yang menuduh perburuan penjual setelah mengajukan gugatan serupa tahun lalu. Gugatan itu sekarang dalam arbitrase. Seorang juru bicara eBay mengatakan gugatan baru ini berfokus secara khusus pada konspirasi kriminal yang diduga membuat manajer Amazon mengarahkan karyawan untuk terlibat dalam perilaku ilegal dan menetapkan kuota untuk rekrutmen penjual eBay.

Sumber: Gizmodo

Sumber Foto: eBay